Senin, 21 Juni 2021
32 C
Surabaya
More
    PendidikanKetua Golkar Jatim Ajak Seluruh Warga Negara Refleksi Diri Spirit Pancasila

    Ketua Golkar Jatim Ajak Seluruh Warga Negara Refleksi Diri Spirit Pancasila

    SURABAYA (WartaTrasparansi.com) – Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji mengajak seluruh warga negara untuk refleksi diri spirit Pancasila seperti ketika dicetuskan oleh para pendiri bangsa yakni untuk menyatukan seluruh potensi yang ada.

    Ini dikemukakan Sarmuji menjawab wartawan seputar peringatan Hari lahir Pancasila, 1 Juni 2021 di Surabaya, Selasa.

    Akhir akhir ini (pasca reformasi) perdebatan siapa yang paling Pancasila, terutama di kalangan elit sering meruncing. Sehingga yang muncul dipermukaan terkesan bukan saling menguatkan sesama anak bangsa melainkan saling melemahkan.

    Para tokoh bangsa baik Soekarno, Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dalam pandangan Sarmuji,  memiliki semangat yang sama untuk mengatasi segala perbedaan dalam konsep persatuan Indonesia.

    Untuk itulah, anggota Komisi Xl DPR RI ini menekankan bahwa Pancasila adalah titik temu seluruh perbedaan yang dimiliki oleh Indonesia dan ini harus ada di dada seluruh warga negara.

    “Seorang yang mengaku Pancasilais adalah mereka yang dapat mengayomi semua golongan,” katanya.

    Lebih lanjut, Sarmuji mengatakan bahwa Pancasila cocok menjadi ideologi negara Indonesia dikarenakan Indonesia adalah negeri dengan sejuta perbedaan. Begitu beragam bahasa, warna kulit, dan agama dan kepercayaan.

    “Pancasila adalah titik temu. Titik temu ini bukan mengharuskan semua harus sama dan bukan pula bertemu untuk menonjolkan perbedaan. Saling menjaga toleransi adalah semangat kemanusiaan dan persatuan yang ada di Pancasila,” tegasnya.

    Lalu apa yang bisa dijelaskan kepada anak muda sekarang, M. Sarmuji menyatakan, para pemimpin haruslah tidak henti hentinya untuk memberikan contoh yang baik kepada generasi millenial tentang Pancasila dan implementasinya.

    Jangan sampai Pancasila sebatas teori yang diajarkan di sekolah. Anak-anak jaman sekarang saat ini lebih butuh panutan atau role model, seseorang yang benar-benar mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan