Senin, 21 Juni 2021
24 C
Surabaya
More
    NusantaraWaspada! Indonesia Bakal Diterjang Cuaca Ekstrem

    Waspada! Indonesia Bakal Diterjang Cuaca Ekstrem

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Siklon tropis Surigae, saat ini sedang terjadi di perairan Samudera Pasifik, sebelah utara Papua Barat, diperkirakan mengalami kenaikan intensitas dalam 24 jam ke depan, dan terus bergerak mengarah ke barat laut.

    “Berdasarkan analisa yang dikeluarkan BMKG, Siklon Tropis Surigae cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia, namun tetap memberikan dampak tidak langsung bagi sejumlah provinsi di Tanah Air,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan resmi, Sabtu (17/4/2021).

    Ia mengatakan, menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  hingga Sabtu (17/4/2021) pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudera Pasifik, dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11.7 LU dan 129.7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna.

    Baca juga :  Kunker di Sultra, Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Sultan Buton I

    “Adapun siklon tropis ini diperkirakan akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa,” jelasnya.

    Akibat adanya pergerakan dan fenomena siklon tropis tersebut, BMKG pada Sabtu (17/4/2021), memprediksi dampaknya dapat berupa potensi hujan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di sejumlah wilayah.

    BMKG melalui laman resminya, menyampaikan perkiraan cuaca ekstrem tersebut di antaranya terjadi di Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat, Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

    Baca juga :  Rekonstruksi Pascabencana 2018, Kemiskinan, dan Covid-19 Tugas Pertama Gubernur Sulteng

    Selain itu, peringatan juga diberikan oleh BMKG terkait gelombang tinggi mencapai 2.5 hingga 4 meter di area Samudera Hindia, Selatan Jawa, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat.

    Gelombang sangat tinggi juga akan terjadi di area perairan Samudra Pasifik Utara Halmahera mencapai 4 hingga 6 meter.

    Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, dan Perairan utara Halmahera.

    Hal tersebut terjadi sebagai dampak dari adanya siklon tropis Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik utara Papua.

    BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

    Baca juga :  Kunker di Sultra, Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Sultan Buton I

    BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (wt)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan