Selasa, 22 Juni 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaDishub Surabaya Petakan Psikologis Pengemudi

    Dishub Surabaya Petakan Psikologis Pengemudi

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyudrajad berharap, pemilihan Abdi Yasa Teladan 2021 tingkat kota yang berlangsung di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) lantai 2, Rabu (7/4/2021), dapat berimbas atau berimplikasi pada ketertiban di jalan.

    Abdi Yasa Teladan yang terpilih di tingkat kota, menurutnya, bakal mewakili level provinsi dan berlanjut di tingkat nasional.

    “Tujuan dari Abdi Yasa Teladan ini adalah memberikan wawasan kepada driver (pengemudi). Baik driver angkutan umum, meliputi bus kota, taksi, angkutan pariwisata. Kita lakukan setiap tahun, dan diharapkan mereka menularkan ke teman-temannya,” katanya.

    Selain itu, kata Irvan, para Abdi Yasa Teladan ini tak hanya diharapkan dapat menularkan wawasannya itu hanya sebatas terkait Undang-undang lalu lintas. Tapi bagaimana mereka dapat memberikan pemahaman kepada rekan-rekannya tentang bahaya narkoba, keselamatan di jalan, kelaikan kendaraan, hingga pengetahuan psikologi.

    Baca juga :  Pakar Epidemiolog Dukung Penyekatan Suramadu hingga Angka Positivity Rate Rendah

    “Sebab, driver bukan hanya harus (memiliki) pengetahuan tentang kelalulintasan. Tapi juga psikologis drivernya kita petakan. Dan, ini diharapkan berimbas pada rekan-rekan kerjanya. Jadi ini tujuan utama diadakan Abdi Yaksa Teladan,” jelasnya.

    Pada pelaksanaan tahun 2021 ini, Irvan menyebut, pemilihan Abdi Yasa Teladan diikuti sebanyak 75 orang driver. Mereka terdiri dari 23 pengemudi taksi, 30 pengemudi mikrolet, 15 pengemudi bus kota, 3 pengemudi angkutan barang, serta 4 pengemudi angkutan pariwisata.

    “Teman-teman driver adalah stakeholder yang sangat penting ada di ujung tombak pelayanan angkutan umum dan keselamatan di jalan. Mereka secara bertahap diharapkan dapat menularkan ilmunya ini kepada teman-temannya,” tukasnya. (wt)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan