Senin, 21 Juni 2021
30 C
Surabaya
More
    TajukWali Kota Eri Hebat dan Manjakan Rakyat

    Wali Kota Eri Hebat dan Manjakan Rakyat

    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

     

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Janji dan rencana Wali Kota Eri Cahyani bersama Wakil Wali Kota Armuji, memberikan pelayanan maksimal kepada publik benar-benar diwujudkan.

    Bahkan, tidak berlebihan jika menyebutkan begitu bertanggung jawab dan memberikan pelayanan juga kemudahan kepada seluruh warga dengan cukup mengurus di kelurahan, maka kini Wali Kota Eri benar-benar hebat dan sudah mampu memanjakan rakyat, warga Kota Surabaya.

    Diketahui, prinsip pelayanan publik dapat dikatakan pelayanan prima, apabila dalam pelaksanaannya tidak menyulitkan, prosedur/tata cara pelayanan diselenggarakan secara mudah, lancar, cepat, tidak berbelit-belit, mudah dipahami dan mudah dilaksanakan oleh masyarakat yang meminta pelayanan.

    Selain itu, Wali Kota Eri juga menjalankan akuntabiltas. Dimana Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip akuntabilitas merupakan suatu kondisi dimana penyelenggaraan pemerintahan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan publik secara administatif maupun secara politik.

    Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, sebagaimana dikutip Minggu (4/4/2021) dan diberitakan Senin (5/4/2021) menyatakan bakal terus mengoptimalkan kemudahan pelayanan kepada warga. Salah satunya adalah pelayanan administrasi cukup di kantor kelurahan. Wali Kota Eri ingin, agar kelurahan menjadi ujung tombak pelayanan Pemkot Surabaya.

    Sebagaiman diketahui, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, sejak 1 April sudah menempatkan
    petugas khusus (Dispendukcapil) di 31 kecamatan, kemudian menyiapkan lagi personel untuk membantu pelayanan adminduk di 154 kelurahan Surabaya. Sehingga, mulai 1 April 2021 lalu, personel dari Dispendukcapil Surabaya ini bertugas membantu warga mengurus adminduk di kelurahan.

    Pelayanan publik di
    kantor kelurahan warga dapat memperoleh empat jenis layanan administrasi kependudukan, yaitu permohonan akte kelahiran, permohonan akte kematian, legalisir dokumen kependudukan secara elektronik, serta layanan permohonan ganti nama yang membutuhkan penetapan pengadilan negeri.

    Ternyata, kehebatan Wali Kota Eri, sebagai langkah awal, sejak satu bulan yang lalu pihaknya telah menempatkan petugas khusus adminduk di 31 kecamatan. Hasilnya pun terlihat berjalan dengan baik, sehingga itu kemudian semakin dimasifkan.

    Tentu saja dalam pelayanan publik masih terus dilakukan perbaikan demi perbaikan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas petugas. Tetapi langkah memberikan pelayanan di keluarga dan para lurah sebagai ujung tombak merupakan kebijakan sangat berpihak kepada rakyat.

    Inilah harapan dan keinginan warga negara mendapat pemimpin yang hebat, bermartabat, dan bertanggung jawab. Dan pemimpin yang akan selaku bersama umat dalam keadaan susah maupun duka, senang maupun bahagia. Karena begitu dekat dan hebat, juga memanjakan rakyat.

    Dari ‘Auf bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: “Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mencintai kamu dan kamu mencintainya, mendoakan kamu dan kamu mendo’akan mereka, sedangkan pemimpin yang jelek adalah pemimpin yang kamu benci dan mereka membenci kamu, kamu melaknat mereka dan mereka melaknat kamu.” (HR Muslim).

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan