Jumat, 26 Juli 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaPebola Voli Nasional Aprilia Manganang Bersyukur Jadi Laki-laki

    Pebola Voli Nasional Aprilia Manganang Bersyukur Jadi Laki-laki

    Jakarta (Wartatransparansi.com) – Pemain timnas voli putri, Aprilia Manganang dinyatakan berjenis kelamin laki-laki setelah menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, sejak 3 Februari lalu. Kepastian jenis kelamin Aprilia Manganang sebagai laki-laki disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jendral Andika Perkasa dalam konferensi pers pada Selasa (9/3/2021).

    Seperti diketahui, Aprilia Manganang juga bertugas sebagai prajurit TNI AD wanita atau Kowad di samping kegiatannya sebagai atlet. Pemeriksaan terhadap identitas gender Aprilia Manganang merupakan inisiatif dari Andika Perkasa dan pejabat TNI lain setelah melihat kejanggalan dari fisiknya.

    Aprilia Manganang sempat menjalani pemerksaan di Rumah Sakit RW Mongisidi, Manando. Kebetulan, Aprila tengah bertugas di Kodam Manado. Keterbatasan pada akhirnya membuat KSAD mengundang Aprilia ke Manganang Jakarta untuk menawarkan bantuan. Ternyata, Aprilia Manganang menyambut baik tawaran tersebut.

    Baca juga :  Waketum PB ISSI Lepas Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

    Dirinya kini bisa dinyatakan sebagai laki-laki. Dilansir dari Kompas.com, Andika Perkasa mengatakan Aprilia mengidap hipaspodia. “Dari hasil pemeriksaan, ternyata Apilia Manganang lebih memiliki organ laki-laki, bahkan tidak ada ditemukan organ internal jenis kelamin wanita,” tutur Andika Perkasa.

    “Pemerikasaan hormonal juga demikian. Secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini Aprilia Manganang adalah laki-laki,” ucap Andika Perkasa menambahkan.

    Hipaspodia merupakan kelainan medis langka yang membuat lubang saluran kencing berada di bagian bawah alat vital dan bukannya di ujung.

    Keterbatasan fasilitas medis saat kelahiran membuat Aprilia Manganang ditetapkan sebagai perempuan dalam akta kelahiran maupun KTP. Perawakan laki-laki membuat Aprilia Manganang mengalami tekanan dalam kariernya sebagai pevoli. Gendernya kerap dipertanyakan. Aprilia Manganang di sisi lain lebih nyaman berpenampilan tomboi layaknya laki-laki.

    Baca juga :  Pembalap Jepang Raja Etape 3, Forkopimda Sambut Tour de Banyuwangi Ijen di Garis Finish

    Atlet kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992, menceritakan kesulitannya ketika harus berpenampilan feminim. Aprilia diwajibkan berdandan untuk mengikuti sebuah acara resmi Korps Wanita Angkatan Darat.

    Aprilia mengaku canggung ketika harus berdandan untuk acara tersebut. Pemain yang berposisi sebagai spiker itu mengatakan bahwa sudah lama tidak melakukannya. “Pas di foto itu saya kelihatan kaku banget. Kalau anggota Kowad yang cewek kan memang wajib pakai make-up saat acara resmi,” kata Aprilia.

    Aprilia Manganang juga mengaku bahwa dia tidak pernah memakai rok setelah lulus dari SMA. Aprilia menganggap rok sebagai benda keramat. Dia saat itu mengaku berniat hanya akan menggunakan rok ketika menikah.

    Pemain yang pernah menyabet gelar juara Proliga sebanyak empat kali tersebut kini bisa bernapas lega karena jati dirinya akhirnya bisa dipastikan. Aprilia bakal mengalami salah satu momen yang sudah dinantikannya sejak lama.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Aprilia akan naik ke meja operasi untuk kedua kali sebagai proses terakhir dalam penyembuhan kelainan medisnya. Aprilia tampak sehat dan sesekali tersenyum ketika berbicara dalam konferensi pers secara virtual. “Ini momen yang sangat saya tunggu. Saya sangat bahagia. Saya berterima kasih kepada semua dokter yang sudah membantu saya,” kata Aprilia.

    “Selama 28 tahun, saya sudah menunggu hal ini. Saya bersyukur karena tahun ini bisa tercapai,” tambahnya.

    KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyiapkan dua opsi penempatan tugas baru bagi salah satu prajuritnya tersebut. “Kemungkinan besar kita akan tempatkan pilihannya di perbekalan dan angkutan, atau bahkan di kesehatan. Tergantung passion-nya Manganang ini lebih besar di mana,” ujar KSAD dalam konferensi pers di Jakarta.  (sr)

    Sumber : wartatransparansi.com

    COPYRIGHT © 2021 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan