Kamis, 15 April 2021
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoRawan Bencana Alam: Pemkab Mojokerto Pasang EWS Serta Penghijauan

    Rawan Bencana Alam: Pemkab Mojokerto Pasang EWS Serta Penghijauan

    MOJOKERTO (Wartatransparansi.com) – Pemkab Mojokerto memasang alat deteksi dini berupa Early Warning System (EWS) di wilayah, berdasar pada pemetaan rawan oleh Daerah (BPBD), sekaligus penghijauan di kawasan puncak Trawas-Pacet.

    Langkah ini untuk penanggulangan diawal perubahan musim penghujan Bulan Desember Tahun ini.

    “Pemkab Mojokerto, sudah melakukan tindakan preventif atau pencegahan yang dapat disiapkan untuk mengatasi hal-hal tidak diinginkan. Mulai dari meminimalisir jatuhnya korban, menekan dampak kerusakan hingga percepatan pemulihan pasca bencana. Salah satunya memasang EWS (Early Warning System),” jelas Bupati Mojokerto Pungkasiadi, ditemui usai rapat koordinasi penanggulangan Bencana, di Pendapa Graha Majatama, Jumat (11/12/2020).

    Dijelaskan, pemasangan EWS tersebut dapat mengirimkan sinyal bahaya dan terkoneksi di kantor Pusdalops BPBD. Semua bekerja secara otomatis, termasuk memberi peringatan dini pada masyarakat melalui tanda bunyi sirene dengan jangkauan mencapai 0,5 kilometer.

    Baca juga :  Festival Seni Budaya Pelajar Kab. Mojokerto 2021

    Penghijauan:
    Masih katanya, upaya-upaya dengan dukungan perangkat canggih, juga dibarengi dengan usaha pencegahan bersifat jangka panjang berkelanjutan. Diantaranya dengan reboisasi atau menghijaukan kembali lahan-lahan gundul untuk mencegah bencana .

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan