Minggu, 16 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    AdvertorialKOMISI I DPRD BANYUWANGI SOROTI RENDAHNYA SERAPAN ANGGARAN SKPD DIMASA COVID-19.

    KOMISI I DPRD BANYUWANGI SOROTI RENDAHNYA SERAPAN ANGGARAN SKPD DIMASA COVID-19.

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com)  – Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2021. Kurang maksimalnya penyerapan anggaran menjadi salah satu perhatian Komisi I DPRD Banyuwangi, khususnya pada SKPD mitra kerja.

    Ketua Komisi I, Irianto mengatakan, dalam situasi pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap kurang maksimalnya serapan anggaran yang menjadi mitra kerja Komisi I. Hal tersebut dikarenakan beberapa program kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya tidak dapat dilaksanakan.

    “ Setelah kami evaluasi, ada beberapa program kegiatan SKPD tidak dapat dilaksanakan karena kondisi pandemi, seperti halnya lelang pengadaan barang dan jasa , “ ucap Irianto saat dikonfirmasi Awak Media, Selasa (10/11/2020) lalu.

    Selain gagalnya pelaksanaan program kegiatan yang telah direncanakan, penyebab rendahnya serapan anggaran dikarenakan adanya refocousing anggaran yang dialihkan untuk penanganan, pencegahan penyebaran pandemi covid-19.

    Baca juga :  Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Ajak Anak Yatim Piatu Keliling Destinasi Wisata Unggulan

    “ Selain gagalnya beberapa kegiatan, adanya refocousing anggaran juga menjadi penyebab serapan rendah, penataan kembali anggaran itu kan rumit harus menyesuaikan dengan regulasi , “ ucapnya.

    Komisi I DPRD Bnayuwangi berharap disisa waktu yang ada, seluruh SKPD yang menjadi mitra kerja untuk mempercepat belanja pemerintah sehingga bisa mempengaruhi pemulihan ekonomi masyarakat.

    “ Kita akan mendorong SKPD untuk mempercepat belanja pemerintah sehingga dapat berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi masyarakat , “ pungkas Irianto. (jam)

    Reporter : Jamhari

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan