MAGETAN (Wartatransparansi.com) – Dinas Sosial Kabupaten Magetan mengadakan pelatihan ketrampilan Wira Usaha bagi masyarakat  Pra sejahtera di aula Balai Desa Buluharjo Kecamatan Plaosan

Pelatihan  keterampilan wirausaha untuk mendukung kemampuan  bagi  keluarga pra sejahtera.

Tujuan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman  kelompok terkait manajemen  serta memberikan keterampilan wirausaha dan motivasi anggota Kelompok Usaha Bersama ( KUBE)dalam mengelola usahanya.

Camat Plaosan Permadi mengatakan pemerintah banyak memberikan program bantuan pengentasan kemiskinan.Namun mencari orang yang belum tersentuh program ini sangat  sulit sekarang.

Dengan peningkatan ketrampilan wira usaha bagi keluarga pra sejahtera dihatapkan akan meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat

Dengan demikian dalam hati nurani warga suatu saat akan dapat keluar dari program PKH karena peningkatan kesejahteraan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Magetan Yayuk Sri Rahayu,SE menyampaikan jika bantuan PKH  tidak terus menerus diberikan,Pemerintah pusat selalu memferivikasi  KPM PKH.Validasi khusus pada  keadaan ekonomi dari  KPM.

Banyaknya  bantuan dari pemerintah pusat terus  menerus ke warga.Tidak  semua dapat bantuan namun,semua warga terdampak pandemi Corona saat ini.

“Banyak bantuan dari Pemerintah tetapi tidak semua warga mendapatkan,” ujar Yayuk.bAkibatnya tidak jarang timbul protes dan aduan atas bantuan yang diberikan pemerintah.

Dijelaskan proses program PKH  tidak  seketika bisa diberikan,harus ,masuk DTKS dulu. Jika belum masuk datanya di DTKS maka  tidak bisa menerima banyuan PKH atau program bantuan  apa pun dari pemerintah.

Diharapkan dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini dapat meningkatkan dan mewujudkan masyarakat Magetan yang sejahtera”.Adanya bantuan bisa segera mengentaskan kemiskinan dan lebih mensejahterakan masyarakat,” ujar Yayuk.(rud/sa