Sabtu, 22 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanBersih Desa Sarana Kebersamaan Dan Penghormatan Nilai Luhur Bangsa

    Bersih Desa Sarana Kebersamaan Dan Penghormatan Nilai Luhur Bangsa

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Bersih Desa nerupakan warisan adat istiadat sebagian masyarakat Indonesia yang perlu dilestarikan dan dipertahankan keberadaanya di tengah era globalisasi dan modern yang serba digital saat ini.

    Dalam bersih desa terkandung nilai dan semangat kebersamaan, persatuan,gotong royong, dan budi pekerti luhur yang telah dicontohkan para leluhur kita jaman dahulu.

    Bersih desa dilaksanakan satu tahun sekali pada bulan tertentu dalam kalender jawa misalnya pada Bulan Suro dengan mengambil hari sesuai adat kebiasaan daerah setempat.

    Seperti bersih desa di Desa Balerejo Kecamatan Kawedanan yang digelar pada hari Jumat Legi di bulan Suro ini atau hari Jumat ( 28/08).

    Acara bersih desa Balerejo dilaksanakan rutin setiap tahun pada bulan Suro dengan maksud untuk melestarikan adar budaya desa dan mengenang serta memperingati nilai luhur yang telah di turunkan pendiri desa.

    Baca juga :  Dewan Sorot Pelaksanaan Perpres 80 oleh Pemkab Magetan

    Kepala Desa Balerejo Teguh Sigit Triyanto,S.Pd mengtakan bersih desa di wilayahnya telah rutin dilakukan turun temurun.Tujuan utama memperingati nilai nilai kebaikan yang dicontohkan para leluhur.

    “Semangat kebersamaan dan persatuan yang diajarkan leluhur harus kita jaga dan laksanakan,” kata Teguh.

    Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasar Pancasila.
    Rangkaian Bersih desa di Balerejo diawali dengan kirim doa bersama,mendoakan para leluhur yang telah mendahului kita semua dan juga kirm doa untuk keselamatan dan kesejahteraan semua warga Desa Balerejo.

    Selain itu juga digelar upacara adat berupa kegiatan kesenian tarian gambyong sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam pelestarian adat budaya bangsa Indonesia. Dalam bersih desa ini dihadiri oleh segenap warga desa Balerejo perangkat dan kepala desa serta dari perwakilan Forkompimca Kawedanan.(rud/sal)

    Reporter : Rudi/Faisal

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan