Sabtu, 10 April 2021
27 C
Surabaya
More
    NasionalPuan Pelajari Sejarah Pembentukan Ibu Kota Australia

    Puan Pelajari Sejarah Pembentukan Ibu Kota Australia

    * Untuk Referensi RUU Ibu Kota Negara yang Baru

    CANBERRA – menyempatkan diri untuk mengunjungi National Capital Exhibition sebelum menghadiri Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang berlangsung pada 12-16 Januari di Canberra, Australia. Kunjungan ini bertujuan mempelajari sejarah Canberra sebagai ibu kota Australia karena bertepatan dengan upaya Indonesia yang sedang merancang ibu kota baru di Kalimantan.

    “DPR saat ini sedang menyusun RUU Ibu Kota Negara yang baru, dan begitu saya tahu bahwa di Canberra ada National Capital Exhibition yang memaparkan secara lengkap sejarah ibu kota Australia ini dari awal sampai sekarang, saya pikir baik sekali kita melihat apa yang pernah dilakukan di Canberra sebagai tambahan informasi,” ujar Puan dalam rilisnya, Senin (13/1/2020).

    Baca juga :  Ketum PWI Pusat Sambut Baik Webinar Pemanfaatan FABA untuk Pembangunan Ekonomi

    Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, National Capitol Exhibition bisa menjadi referensi bagaimana membangun sebuah ibu kota negara. Ia melihat bahwa merancang ibu kota harus kuat dan jelas dasar pemikirannya. Setiap lokasi bangunan utama harus memiliki maknanya dan saling terhubung antara satu dengan yang lain.

    “Seperti yang Bung Karno lakukan saat mencetuskan pembangunan Monas dan Gedung DPR. Itu semua ada maknanya, ada semangat yang mendasari pembangunannya, serta menjadi sebuah simbol harapan. Paparan National Capital Exhibition menunjukkan bahwa perjalanan menjadikan serta mengembangkan Canberra sebagai ibu kota Australia merupakan perjalanan panjang,” jelas mantan Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) itu.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan