Terus Berinovasi, Polres Tuban Raih Predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan-RB

11
TUBAN  – Terobosan dan inovasi yang dilakukan Polres Tuban dalam rangka memberikan pelayanan prima buat masyarakat membuahkan hasil yang memuaskan.
Terbukti, Polres Tuban dibawah Komando Kapolres AKBP Nanang Haryono mampu mendapatkan predikat Pelayanan Prima atau predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.
Predikat itu diraih setelah melalui hasil evaluasi pelayanan publik di lingkungan Polri yang dilakukan Kemenpan-RB di tahun 2019.
Penghargaan pelayanan publik itu diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Holiday Iin Jakarta Kemayoran, jalan Griya Utama, Sunter Jakarta Utara, Rabu, (20/11/2019). Acara yang sangat bergengsi tersebut dihadiri sebanyak 207 Polres, Polresta, Polrestabes dan Polres Metro se-Indonesia.
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, dalam sambutannya mengatakan, penghargaan tersebut untuk memberikan motivasi kepada jajaran Kepolisian yang secara serius mereformasi birokrasi dan mengoptimalkan layanannya kepada masyarakat.
“Penghargaan ini untuk memberikan motivasi kepada jajaran Kepolisian,” ungkapnya.
Penghargaan untuk unit penyelenggara pelayanan publik kategori A pelayanan prima diberikan kepada 6 Polres. Diantaranya, Polres Tuban, Polrestabes Surabaya, Polres Malang, Polres Cirebon, Polresta Sidoarjo, Polresta Banyuwangi.
Sedangkan kategori A- Sangat Baik diberikan kepada 33 Polres, Polresta, Polrestabes, Polres Metro lainnya.
Sementara Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan, inovasi pelayanan publik Polres Tuban diantaranya adalah Simba (SIM Bhabinkamtibmas) dan SKCK Online serta Delivery yang sangat membantu dan memudahkan masyarakat.
“Inovasi pelayanan publik Polres Tuban diantaranya adalah Simba (SIM Bhabinkamtibmas) dan SKCK Online serta Delivery yang sangat membantu dan memudahkan masyarakat,” jelas Nanang Haryono.
Sebatas diketahui, beberapa pelayanan yang ada di Polres dengan dibangun gedung Pusat Pelayanan. Didalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti konseling, pojok baca, tempat difabel dan lainya.
Selanjutnya, Polres Tuban memiliki 5 Inovasi, yakni Gedung Pusat Pelayanan Publik, Simba (Sim Bhabinkamtibmas), Marong (Macan Ronggolawe), TDSS (Tuban Digital Security Sistim), dan Cyber Force Polres Tuban.
Simba ini ditujukan kepada masyarakat yang ingin mengurus SIM, terlebih dahulu diberikan latihan oleh para Bhabinkamtibmas di masing-masing polsek yang telah ditunjuk.
Selanjutnya, Sistem TDSS itu terpasang 155 CCTV yang berada disimpul jalan dan titik keramaian serta mampu melihat kejadian sebelum terjadinya tindak pidana.
Termasuk di Polres Tuban telah membentuk Cyber Force terkait maraknya peredaran berita hoax dan ujaran kebencian di Media Sosial, dan beberapa inovasi pelayanan lainnya. (rin)