Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    HeadlineSelesaikan Konflik Papua, Jokowi Siap Bertemu Benny

    Selesaikan Konflik Papua, Jokowi Siap Bertemu Benny

    BOGOR – Presiden Joko Widodo menyatakan kesediaannya bertemu pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda, untuk membahas penyelesaian konflik di Papua dan Papua Barat.

    Pernyataan itu menanggapi permintaan DPRD Papua dan Papua Barat, yang meyakini pertemuan Jokowi dan Benny akan efektif meredam konflik di sana.

    Menurut Jokowi, ia selalu terbuka dengan siapa saja yang ingin bertemu, termasuk tokoh yang mendukung referendum untuk Papua.

    “Ya enggak ada masalah, bertemu saja. Dengan siapa pun akan saya temui, kalau memang pengen bertemu,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (30/09/2019).

    Sebelumnya, Kepala Staf Presiden Moeldoko justru menyatakan keinginannya bertemu pimpinan ULMWP Benny Wenda, sebelum mempertemukannya pada Jokowi. Ia juga mengklaim pemerintah serius menyelesaikan konflik di Papua, serta berjanji memberi ruang untuk Benny menyampaikan keinginannya pada pemerintah.

    Meski demikian, Moeldoko mengaku belum mengetahui cara bertemu dengan Benny, lantaran belum menemukan orang yang cocok menjadi mediator. Ia juga mempersilakan Benny menentukan lokasi pertemuan.

    Sebelumnya pada Selasa (24/9/2019) di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Papua Barat Ferdinan Solosa meminta pemerintah pusat membuka dialog dengan Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

    Menurutnya, selama ini dialog antara tokoh-tokoh yang memiliki ideologi bersebrangan tidak pernah terjadi, sehingga masalah di Papua terus bergulir.

    Menurut Ferdinan dengan adanya dialog antar dua pihak tersebut, diharapkan dapat memperbaiki situasi Papua dan Papua Barat saat ini. (wt)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan