Sabtu, 13 April 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaKartu Nikah dengan Empat Kolom Istri Dipastikan Hoaks

    Kartu Nikah dengan Empat Kolom Istri Dipastikan Hoaks

    Surabaya– Kartu nikah menyerupai ATM berwarna kuning, menyebar luas di media sosial. Di bagian ‘kartu nikah’ tersebut, di pojok kiri atas terdapat gambar burung garuda Pancasila. Sedangkan pojok kanan atas terdapat logo Kementerian Agama.

    Tampak depan terdapat kolom foto untuk pria, chip berwarna coklat emas, serta kolom tempat – tanggal menikah. Sementara tampak di bagian bawah, yang dianggap sebagai bagian belakang kartu, terdapat empat kolom yang disediakan untuk foto istri.

    Kementerian Agama memastikan bahwa gambar kartu nikah berwarna kuning itu, hoaks.
    “Itu bukan bentuk kartu nikah yang kami keluarkan. Itu hoaks,” jelas Kasubdit Mutu Sarpras dan Sistem Informasi KUA Anwar Saadi, di Jakarta, Jumat (16/11), dikutip dari website kemenag.

    Baca juga :  Khofifah : Tuntaskan Rasa Rindu Dikampung dengan Berwisata dan Kuliner

    Kartu nikah hoaks
    Kartu nikah hoaks

    Anwar menjelaskan, bentuk kartu nikah yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag, memiliki warna dasar hijau dengan campuran kuning. Bagian atas kartu bertuliskan kop Kementerian Agama.

    Di bagian tengah terdapat tiga kotak. Dua kotak di bagian atas untuk foto pasangan pengantin, sementara kotak bagian bawah akan diisi kode batang atau barcode yang jika dipindai akan muncul data-data lengkap tentang peristiwa nikah pemiliknya. Data tersebut tersinkronisasi dengan data pada Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

    “Jadi di kartu tersebut, hanya tersedia kolom foto bagi sepasang pengantin. Satu suami dan satu istri. Tidak ada empatr kolom istri,” tegas Anwar.

    Baca juga :  Sholat Idul Fitri di Mas Surabaya,  Pj. Gubernur:  Bersyukur Situasi Jatim Aman, Nyaman Terjaga

    Sementara, pada bagian belakang kartu terdapat terjemahan ayat Alquran Surat Ar-Rum : 21. Pada bagian bawah kartu, terdapat cap hologram Menteri Agama Republik Indonesia disertai tahun pembuatan kartu. (wt)

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan