Minggu, 21 April 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanDinas Kominfo Banjarbaru Berkunjung Ke Dinas Kominfo Pasuruan Pelajari Pembinaan KIM

    Dinas Kominfo Banjarbaru Berkunjung Ke Dinas Kominfo Pasuruan Pelajari Pembinaan KIM

    Pasuruan – Dinas Kominfo Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi pola pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan. Hal tersebut terlontar dalam agenda visitasi Dinas Kominfo Pemkot Banjarbaru ke kantor Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan pada hari Jumat (16/10/2018).

    Adalah Kabid Komunikasi dan Pembina Informasi Publik, M. Noor Ifansyah dan Kasi Komunikasi dan Penata Kelembagaan Informasi Publik, Herry Isdaryoko, keduanya merupakan pejabat yang membidangi KIM yang hadir mewakili Dinas Kominfo Banjarbaru. Di tengah suasana diskusi yang berlangsung sangat gayeng sedari pagi sampai siang hari tadi banyak diulas tentang apa saja strategi pembinaan KIM yang selama ini telah dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan selama satu tahun terakhir. Baik yang dilakukan dalam bentuk kegiatan rutin maupun pola pembinaan peningkatan kualitas SDM.

    Baca juga :  Pasca Lebaran Sampah Di TPS Meluber, DLH Kerahkan Tim Reaksi Cepat

    “Kami salut dengan apa yang telah dilakukan teman-teman Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dalam melakukan pembinaan KIM. Karena itu juga kami jauh-jauh datang ke sini untuk bisa mengetahui bagaimana bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan”, tutur Ifansyah.

    Sedangkan Herry mengatakan bahwa sebelum memutuskan berkunjung ke Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, ia mendapatkan informasi dari pemberitaan dan media sosial tentang kemenangan KIM Surya Harapan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan di Grup A LCCK Tingkat Jawa Timur. Hal itu juga yang membuatnya ingin menggali lebih dalam tentang pola pembinaannya.

    Dalam pemaparannya, Kabid Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti menuturkan bahwa berkat pola pembinaan KIM yang telah dilakukan sejak awal tahun 2018 memang terbukti berdampak pada peningkatan ketrampilan dan penguasaan teknologi informasi anggota KIM. Melalui sistem clustering atau pengkategorian dari segi keaktifan, KIM di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 126 terus dipantau pasca beragam pelatihan yang telah diberikan. Seperti pembuatan blog, jurnalistik online, teknik fotografi, reportase citizen journalism dan pembuatan vlog.

    Baca juga :  Jangan Munafik, Pusaka Desak Pemkab Keluarkan Izin Hiburan

    ”Apa yang kami lakukan sebagai bentuk tanggungjawab kami sebagai Pembina KIM. Tidak hanya memberikan bermacam pelatihan saja, tapi sampai pada tahapan monitoring. Memantau keajegan teman-teman KIM yang selama ini sudah dibina agar tetap aktif memproduksi konten jurnalistik di blog masing-masing. Karena itu kan bagian dari tugasnya dalam melakukan diseminasi informasi ke masyarakat”, ujar perempuan lulusan Ilmu Komuniktadasi Universitas Airlangga, Surabaya yang dikenal ramah ini.

    Dalam kegiatan kunjungan kerja tadi juga dihadiri Ketua Forum KIM Kabupaten Pasuruan, Hadi Sucipto yang juga sekaligus Ketua KIM Tretes Taman Wisata, Kecamatan Prigen. Menurutnya, KIM Kabupaten Pasuruan akan terus belajar dan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui informasi. Sehingga dapat menjadi agen informasi yang berkualitas di era millenials. (hen)

    Editor : Sabarudin

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan