Rabu, 17 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiHari Coblosan Pilgub, Dispendukcapil Tetap Layani KTP

    Hari Coblosan Pilgub, Dispendukcapil Tetap Layani KTP

    BANYUWANGI – Meski hari Rabu (27/6/2018) pemerintah meliburkan, karena Pilkada, tapi bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi tetap melakukan pelayanan bagi yang membutuhkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (TKP El) dan Surat Keterangan (Suket). Karena, barangkali hari tersebut banyak yang membutuhkan identitas untuk kepentingan hak pilih dalam Pilgub Jawa Timur tahun 2018. Identitas itu sangat dibutuhkan, karena kalau masuk ke TPS tanpa membawa identitas pasti ditolak.

    “Makanya, setiap hari Sabtu dan Minggu Dispendukcapil tetap membuka layanan, hanya khusus KTP El dan Suket. Barangkali pada saat coblosan itu ada warga yang usianya memasuki 17 tahun. Nah, makanya saat coblosan kami tetap membuka layanan untuk KTP El dan Suket,” tandas Sekretaris Dispendukcapil Banyuwangi, Saiful Salam, Minggu (24/6/2018) di kantornya.

    Baca juga :  Berakhir Momen Idul Fitri, Layanan Kunjungan di Lapas Banyuwangi Kembali Jadwal Semula

    Menurutnya, setiap hari pemohon KTP El rata-rata 400 orang pemohon. Sedangkan untuk pencetatak KTP El rata-rata setiap hari 3000 orang. Dibukanya hari Sabtu dan Minggu tersebut untuk penuntasan KTP El untuk kepentingan Pilpres tahun 2019. Karena, kalau untuk Pilpres nantinya Suket tidak berlaku, semuanya sudah KTP El.

    “Kalau untuk Pilgub Jatim ini suket bisa dilayani di TPS-TPS, tapi kalau sudah Pilpres tahun 2019 mendatang semuanya harus ber-KTP El dan suket tidak berlaku. Makanya, penyelesaian KTP El ini kita tuntaskan hingga sebelum Pilpres tahun 2019 nanti,” paparnya.

    Penyetakan KTP El, kata Saiful, tidak terbatas yang pemohon, tapi yang ada di data base juga akan dicetak semua hingga tuntas. Sebab, ada juga warga yang belum mengurus, karena ada yang diluar kota, sehingga tidak sempat mengurus. “Nah, justru Sabtu dan Minggu itu kita buka untuk antisipasi hal-hal seperti itu, termasuk melayani yang pada saat coblosan ada warga yang usianya sudah masuk 17 tahun,” ungkapnya.

    Baca juga :  Surat Terbuka Untuk Bupati Ipuk : Penjual Omon – Omon Mulai Menjamur Ditengah Pilkada

    Meski hari Sabtu dan Minggu pelayanan KTP El buka, antusiasme warga juga banyak yang memaanfaatkan untuk mengurus KTP El. Salah satunya, Edo (22) warga perumahan Brawijaya Regency itu mengurus KTP El juga untuk kepentingan Pilgub Jatim. “Karena, Suket saya sudah habis tahun 2016 lalu, alhamdulillah saya ngurus hari minggu ini bisa selesai dan waktunya tidak lama,” ujar mahasiswa ITB Bandung itu.

    Makanya tidak heran kalau Saiful terus memantau dilapangan untuk pelayanan KTP El pada setiap hari Sabtu dan Minggu. Saiful berharap pelayanan KTP El pada hariu Sabtu dan Minggu itu lancar dan tidak ada kendala. “Saya disini (halaman depan kantor pelayanan ini) melihat secara langsung, agar pemohon pulang tetap membawa KTP El,” bebernya. (ari)

    Reporter : Jamhari (ari)

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan