Minggu, 21 Juli 2024
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaRatusan Siswa Ikut Sunatan Massal di Lima Wilayah Surabaya

    Ratusan Siswa Ikut Sunatan Massal di Lima Wilayah Surabaya

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025, Pemkot Surabaya menggelar sunatan massal untuk anak-anak PAUD, TK, SD, dan SMP di Kota Surabaya, Sabtu (22/6/2024).

    Kegiatan berlangsung di 5 wilayah yang diikuti 536 anak-anak itu, digelar bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Surabaya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Surabaya, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Surabaya, dan Bangga Surabaya Peduli (BSP).

    Wali Kota Eri Cahyadi dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani yang hadir dalam kegiatan iu mengatakan bahwa, tujuan digelarnya sunatan massal untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya kesehatan diri sesuai dengan ajaran agama.

    “Kepada semua orang tua yang hadir, saya titip ketika sudah khitan, maka ajarkan kebaikan-kebaikan. Karena salah satu ajaran agama Islam, kewajibannya anak laki-laki itu dikhitan. Nah, ini ternyata tidak hanya Islam yang mengajarkan khitan, karena khitan ini juga ada dampak positifnya,” katanya.

    Baca juga :  Baktiono: Tanah Fasum Itu Milik Pemkot Surabaya

    Eri berharap, anak-anak yang disunat hari ini memiliki akhlak yang bagus di ke depannya. Selain itu, ia juga berharap, seluruh sekolah SD-SMP baik itu negeri maupun swasta yang ada di Surabaya, menjadi semakin berkah.

    “Dan semoga gurunya juga diberikan rezeki barokah dan melimpah, serta diberi kesabaran dalam mendidik anak-anaknya di sekolah. Surabaya akan menjadi kota yang luar biasa kalau memiliki guru-guru yang juga luar biasa,” harapnya.

    Di kesempatan itu, Eri juga memberikan hadiah sepeda kepada anak-anak yang khitan. Hadiah sepeda itu diberikan setelah anak-anak yang dikhitan berhasil menjawab pertanyaan dari Wali Kota.

    Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, khitan massal ini sengaja digelar pada saat menjelang tahun ajaran baru. Karena pada saat ini, para siswa PAUD, TK, SD, dan SMP saat ini masih dalam masa libur sekolah.

    Baca juga :  Sidak Komisi A DPRD Surabaya Sasar Depo Peti Kemas

    “Karena kan ini pas momen liburan, di samping itu juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731,” kata Yusuf.

    Yusuf berharap, adanya khitan massal ini menjadi pembelajaran penting bagi orang tua, siswa, dan guru di Kota Surabaya. “Karena dari segi syariat agama, khitan itu diwajibkan bagi anak laki-laki. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pembelajaran pada anak-anak akan pentingnya gotong royong antar sesama,” pungkasnya.

    Sunatan massal ini digelar di lima titik wilayah Kota Surabaya. Di antaranya, di SMP Negeri 1, SMP Negeri 19, SMP Negeri 11, SMP Negeri 26, dan SMP Negeri 21 Kota Surabaya. Diikuti oleh 536 ank-anak, terdiri dari PAUD, TK, SD, hingga SMP. (*)

    Reporter : Wetly

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan