Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMalangGubernur Launching Rencana Pengembangan Wisata Tahura Raden Soerjo

    Gubernur Launching Rencana Pengembangan Wisata Tahura Raden Soerjo

    MALANG (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyapa Masyarakat Konservasi untuk aksi pemulihan ekosistem pasca kebakaran hutan yang melanda kawasan Tahura Raden Soerjo yang meliputi Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro di Pemandian Air Panas Tahura Raden Soerjo, di Malang.

    Upaya pemulihan ekosistem Tahura Raden Soerjo ini diwujudkan dengan pemberian 7000 bibit pohon eucalyptus dan cemara kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Relawan Tahura. Bibit tanaman ini nantinya akan ditanam di lahan yang terdampak kebakaran.

    Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan untuk daerah yang sulit dijangkau, bisa dilakukan dengan aeroseeding. Yang mana, pada tahun 2019 pihaknya pernah melakukan aeroseeding dibantu armada dari Lanud Abdulrachman Saleh.

    Baca juga :  Ponpes Internasional Abdul Malik Fadjar Diresmikan, Menko Muhadjir: Bergegaslah Membangun Impian yang Lebih Besar

    “Jadi itu nanti harus mendapat izin terlebih dahulu dari KSAU seperti yang dulu kita lakukan,” terangnya,”Ungkap Gubernur Khofifah, Minggu (24/12/2023)

    Gubernur Khofifah juga mengapresiasi semua pihak yang telah bahu membahu, bersinergi, dan berkolaborasi menangani kebakaran hutan di Tahura Raden Soerjo. Mulai dari unsur pemerintahan, TNI, Polri, Kepala Desa, hingga seluruh masyarakat dan relawan yang telah bersusah payah memadamkan api dan melakukan pembasahan agar kebakaran tidak meluas.

    Sebagaimanan diketahui, Kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan kerusakan seluas

    4.767,24 ha. Kebakaran tersebut merupakan dampak dari fenomena El Nino dan ulah manusia tidak bertanggung jawab. Namun berkat sinergitas dan kolaborasi berbagai instansi dan masyarakat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Khofifah, kebakaran tersebut bisa ditangani. (*)

    Reporter : Hidayati Firli/Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan