Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaSegera Jalani Sumpah WNI, Dua Pemain Naturalisasi Siap Gabung Timnas

    Segera Jalani Sumpah WNI, Dua Pemain Naturalisasi Siap Gabung Timnas

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Pemain keturunan Indonesia yang sedang diproses naturalisasinya, Nathan Tjoe-A-On bakal menjalani sumpah WNI sekaligus sebagai kado ulang tahunnya. Dia dijadwalkan menjalani sumpah WNI pada 28 Desember 2023 mendatang.

    Ia akan disumpah bersama Jay Idzes, pemain keturunan lain yang juga berasal dari Belanda. Kabar itu disampaikan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, saat dihubungi awak media. “Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On datang pada 28 Desember 2023. Pengambilan sumpah dilakukan di Kanwil Kemenkumhan pukul 09.00 WIB,” ucap Yunus Nusi.

    Jika pengambilan sumpah berjalan lancar, maka kedua pemain resmi bakal menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Lebih spesial bagi Nathan Tjoe-A-On, karena dia baru saja berulang tahun pada 22 Desember 2023 kemarin.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Nathan Tjoe-A-On memiliki keturunan Indonesia dari sang ibu, di mana kakeknya (dari ibu) berasal dari Semarang. Ketum PSSI, Erick Thohir sudah lebih dulu menyatakan keseriusan Nathan Tjoe-A-On membela timnas Indonesia. “Ada, dia (Nathan Tjoe-A-On) serius (menjadi WNI),” kata Erick Thohir.

    Kalau enggak, enggak dateng dia sama bapaknya. Kalau enggak, enggak dikenalin ke Presiden (Jokowi),” tambahnya.

    Nathan sendiri sudah pernah datang menyaksikan timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Oktober 2023 lalu. “Ya, itu benar-benar bagus, para penggemar sangat ramai. Saya menyukainya. Itu adalah sambutan yang hangat. Dan para penggemar sangat luar biasa selama pertandingan. Saya tidak sabar menunggu sampai saya bermain di depan mereka,” katanya.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Sementara itu, untuk update TC persiapan ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah melakoni latihan kedua hingga Jumat (22/12/2023) di Antalya, Turki. Dalam latihan perdana, 3 pemain abroad sudah ikut bergabung yakni Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Shayne Pattynama (Viking FK) dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

    Sementara dua pemain abroad lain yakni Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam sudah ikut rombongan sejak berangkat dari Jakarta. Jadi, total 22 pemain timnas Indonesia telah berkumpul di Antalya.

    Pemain abroad lainnya yakni Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, dan Justin Hubner, akan menyusul kemudian karena masih membela klub mereka masing-masing. Dalam latihan, Ernando Ari juga sudah terlihat ikut menjalani latihan.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Pada awal medical check up, Ernando memang diminta untuk recovery selama seminggu karena cederanya sejak 13 Desember 2023. Yang masih menjadi misteri saat ini adalah keberadaan Jordi Amat. Ia belum juga tiba di Antalya, Turki padahal Liga Malaysia 2023 sudah rampung, sebagaimana Saddil Ramdani sudah hadir juga bergabung timnas Indonesia. (*)

     

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan