Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaTimnas Indonesia TC di Turki Bawa 29 Pemain

    Timnas Indonesia TC di Turki Bawa 29 Pemain

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Shin Tae-yong, pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia membawa  29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki. Dilansir dari laman resmi PSSI pada Selasa (19/12/2023) siang, pemusatan latihan di Turki berlangsung mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

    Setelah tuntas di Turki, Timnas Indonesia akan beranjak ke Qatar untuk persiapan Piala Asia yang digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. “Pemain yang bermain di Liga 1 sudah bisa berkumpul semua karena kompetisi jeda hingga awal Februari 2024,” kata Sumardji Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

    “Selain itu juga, mereka akan menjalani beberapa rangkaian uji coba, pada  2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya, kemudian di tanggal 9 Januari melawan Iran di Qatar, di lapangan latihan Iran,” imbuh Sumardji.

    Dari 29 nama yang dipanggil, ada satu wakil dari Persebaya Surabaya, yakni Ernando Ari Sutaryadi kiper. Ernando masih dalam proses pemulihan usai mengalami cedera bersama tim Bajul Ijo. Sumardji menjelaskan, setelah mengumpulkan 29 pemain itu, enam pemain akan dicoret dari skuad Merah Putih. Selanjutnya 23 pemain akan dibawa ke Qatar untuk melakoni Piala Asia. Shin Tae-yong membeberkan alasan memilih Libya dan Iran untuk menjadi lawan uji coba tim asuhannya sebagai bagian dari persiapan tim menuju Piala Asia 2023.

    Baca juga :  PON XXI Aceh-Sumut Tinggal 4 Bulan, Menko Muhadjir: Persiapannya Berjalan Baik

    “Untuk lawan Libya memang yang paling cocok, jadi akhirnya dipilih. Dan untuk lawan Iran, memang setelah ke Doha, hanya Iran yang bisa kita hadapi, dan memang kita bisa antisipasi juga untuk pertandingan pertama melawan Irak di Piala Asia,” kata Shin saat ditemui di Jakarta.

    Pelatih asal Korea Selatan itu juga menjelaskan alasannya memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan ke Turki. Menurut Shin, jumlah pemain untuk didaftarkan ke Piala Asia memang 26, namun tiga pemain dipersiapkan sang pelatih untuk berjaga-jaga seandainya ada masalah cedera atau masalah lain.

    “Untuk Piala Asia entry-nya memang hanya 26 pemain, jadi akan dibawa 26 pemain. Untuk pertandingan memang 23 pemain, tetapi saya akan membawa 26 pemain ke Piala Asia. Untuk masuk kriteria saya, harus tidak ada cedera, dan harus mengorbankan diri untuk tim. Itulah mereka-mereka yang akan bisa masuk ke timnas,” ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Dari daftar nama yang dibawa ke Turki, terdapat satu nama pemain naturalisasi yang belum lama ini mendapatkan status Warga Negara Indonesia, yakni Justin Hubner. Pelatih Shin pun yakin keberadaan Justin akan memberikan dampak yang sangat positif bagi tim asuhannya, baik dari segi kualitas lini belakang maupun tingkat persaingan sehat di antara para pemain.

    “Sebenarnya (dengan adanya Justin) struktur yang sangat baik. Maksudnya bersaing di lini belakang ini ya. Jadi dengan persaingan seperti itu akan menjadi bantuan untuk tim. Maksudnya mereka akan lebih bekerja keras untuk tim. Jadi menurut saya ini hal yang sangat baik untuk timnas kita,” ujar Shin.

    Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Indonesia menempati Grup D yang cukup berat, dengan keberadaan raksasa Asia Jepang, Irak, dan musuh bebuyutan di Asia Tenggara, Vietnam.(*)

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia yang TC Turki

    Kiper:

    1. Syahrul Trisna – Persikabo
    2. Muhamad Riyandi – Persis Solo
    3. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

    Belakang:

    1. Justin Hubner – Wolverhampton
    2. M. Edo Febriansah – Persib Bandung
    3. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang
    4. Rizky Ridho – Persija Jakarta
    5. Jordi Amat – Johor Darul Tazim FC
    6. Elkan Baggott – Ipswich Town
    7. Sandy Walsh – KV Mechelen
    8. Shayne Pattynama – Viking FK
    9. Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragons
    10. Pratama Arhan – Tokyo Verdy

    Tengah:

    1. Saddil Ramdani – Sabah FC
    2. Marc Klok – Persib Bandung
    3. Ricky Kambuaya – Dewa United
    4. Witan Sulaeman – Persija Jakarta
    5. Egy Maulana – Dewa United
    6. Adam Alis – Borneo FC
    7. Arkhan Fikri – Arema FC
    8. Yakob Sayuri – PSM Makassar
    9. Yance Sayuri – PSM Makassar
    10. Marselino Ferdinan – KMSK Deinze
    11. Ivar Jenner – Jong Utrecht

    Depan:

    1. Hokky Caraka – PSS Sleman
    2. Ramadhan Sananta – Persis Solo
    3. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara Presisi FC
    4. Dimas Drajad – Persikabo
    5. Rafael Struick – ADO Den Haag

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan