Selasa, 16 April 2024
29 C
Surabaya
More
    HeadlineGelar TC di Turki, Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Libya

    Gelar TC di Turki, Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Libya

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia mematangkan persiapan untuk menghadapi Piala Asia dengan menggelar pemusatan latihan di Turki. Dalam TC di negeri itu, tim asuhan Shin Tae-yong akan mengadakan dua kali uji coba menghadapi timnas yang memiliki peringkat di atas mereka.

    Pasukan Garuda mengadakan TC di Turki mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024. Sesuai dengan informasi dari PSSI, pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi tim asal Benua Afrika. “Sudah disepakati, lawannya Libya,” ujar Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji.

    Duel kontra Libya tidak hanya digelar sekali. Pasalnya, Shin Tae-yong menginginkan minimal dua laga uji coba untuk timnya sebelum berlaga di Piala Asia 2023. “Dua kali uji cobanya,” ungkap Sumardji.

    Sumardji juga mengungkapkan bahwa Shin Tae-yong telah meminta 30 pemain untuk TC di Turki. Namun, jumlahnya kemungkinan bisa bertambah. “Kami akan bawa, kalau tidak salah itu, nama-nama yang diserahkan ke saya untuk pemanggilan, ada 30 pemain,” tuturnya.

    “Jumlah 30 pemain masih belum pasti, ya. Bisa bertambah, tapi bukan bisa berkurang. Bisa bertambah dari 30 ke 40 pemain, tergantung kebutuhan,” imbuh Sumardji.

    Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengonfirmasi jumlah pemain yang akan dibawa ke pemusatan latihan di Turki sebelum Piala Asia 2023. PSSIsendiri sudah mendaftarkan 50 pemain untuk entry by name Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang sudah ditutup pada 10 Desember 2023. Namun, Shin Tae-yong mengatakan bahwa Timnas Indonesia akan berkekuatan sekitar 30 pemain untuk pemusatan latihan di Turki.

    Arsitek asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa pada seluruh pemain Timnas Indonesia bakal berkumpul paling lama di Turki pada 1 Januari 2024. Kemungkinan ada sejumlah pemain luar negeri yang tidak bisa tepat waktu bergabung dengan Timnas Indonesia karena kompetisi masih berjalan.

    “Akan ada pemusatan latihan di Turki mulai 20 Desember 2023. Untuk persiapan, sudah siap. Ada 50 pemain yang didaftarkan untuk Piala Asia 2023,” ujar Shin Tae-yong.

    Sesudah meladeni Libya, timnas Indonesia akan mencicipi kekuatan Timnas Iran di Qatar pada 9 Januari 2024. Untuk Piala Asia 2023, Shin Tae-yong bakal mencoret tujuh pemain untuk menyesuaikan skuadnya menjadi 23 nama sesuai regulasi turnamen.

    Adapun Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. (*)

    Jadwal Timnas di Piala Asia 2023

    • 15 Januari 2024: Timnas Indonesia vs Irak
    • 19 Januari 2024: Vietnam vs Timnas Indonesia
    • 24 Januari 2024: Jepang vs Timnas Indonesia

     

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan