Kamis, 23 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoBupati Mojokerto Raih Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023

    Bupati Mojokerto Raih Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati, menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (8/11).

    Acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 7-8 November 2023. Hari pertama, dilaksanakan diskusi tanya jawab dengan tema Kolaborasi: Kunci Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan bersama Dirjen PDM Irwan Syahril, Psikolog Rose Mini, dan Moderator Shahnaz Haque.

    Dirjen PDM Iwan Syahril, berucap terimakasih dan mengapresiasi penuh kepada Bunda PAUD dan Pemerintah Daerah yang turut serta dalam membangun Gerakan Merdeka Belajar.

    “Mari lanjutkan gerakan ini, karena sejauh ini sudah memberikan dampak yang baik untuk pendidikan dan memberikan perubahan lebih baik untuk masa depan Indonesia,” kata Dirjen PDM, Iwan Syahril.

    Baca juga :  Kembangkan IKM/UMKM, Bupati Mojokerto Beri Penghargaan Bank Jatim 

    “Lebih dari 500 SD yang telah berhasil menerapkan belajar mandiri dengan adanya program Merdeka Belajar,” tambahnya.

    Secara terpisah Itje Chodidjah, Ketua KNIU (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO), menyampaikan bahwa UNESCO akan terus berupaya dalam memberikan kontribusi signifikan untuk perawatan dan pendidikan bagi anak usia dini. Usia 0-5 Tahun merupakan masa emas, sehingga penting ditanamkan 6 kemampuan pondasi anak.

    “Peranan Bunda PAUD sangat penting sebagai kunci untuk merubah mindset masyarakat dan orang tua dalam penerapan Gerakan Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan,”kata Ketua KNIU.

    Dijelaskan pada hari kedua, merupakan puncak acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023. Pengumuman hasil penilaian pelaksanaan program kerja Bunda PAUD yang mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan menuju PAUD Berkualitas serta penyerahan penghargaan oleh Bunda PAUD Nasional, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

    Baca juga :  Peringatan Harkitnas, Pj. Wali Kota Serahkan Penghargaan untuk Sekolah & RW Berprestasi

    Bunda PAUD Nasional, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Melakukan tanya-jawab dengan Bunda PAUD dari daerah yang belum mendapatkan penghargaan. Beliau mengajak para Bunda PAUD untuk bersama-sama melaksanakan merdeka bermain bagi anak PAUD dan SD.

    Demikian juga dengan Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., juga menyampaikan bahwa Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 ini merupakan bentuk terimakasih kepada Para Bunda PAUD yang telah turut menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.
    “Kemendikbudristek selama 4 tahun ini terus mendorong sistem pendidikan secara masif dan holistik, untuk merubah proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan”, Kata Mendikbudristek, Nadiem.

    Dijelaskan terdapat 3 target perubahan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, antara lain:
    1. Satuan Pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD;
    2. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 minggu pertama;
    3. Menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan pondasi anak di PAUD dan SD.

    Baca juga :  Bupati Ikfina Bersama Dierektur RSUD R.A. Basoeni Gelar Baksos di Ponpes 99

    “Mari menguatkan sinergi dan kolaborasi yang sudah terjalin dan terus melanjutkan gerakan ini. Bekal 6 kemampuan pondasi anak dapat dijadikan sebagai pembelajar sepanjang hayat bagi mereka,” tambahnya.

    Sedangkan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat dikonfirmasi via telegram HP genggamnya di Jakarta menjelaskan keberhasilan ini semua berkat kerja sama pengurus Bunda PAUD mulai dari tingkat desa, kecamatan dan Kab. Mojokerto.

    Menurut Bupati Ikfina, Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto ini menerima Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 kategori Wiyata Darma Pratama.

    Ditambahkan selain di hadiri Bunda PAUD Nasional, Iriana Joko Widodo, pada penyerahan penghargaan ini juga hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, Hj.Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, Dirjen PDM Iwan Syahril, Ketua Umum Wasekim dan jajaran Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD dari Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia. (*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan