Kamis, 23 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024Survei ARCI : Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggalkan Dua Paslon Lainnya

    Survei ARCI : Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggalkan Dua Paslon Lainnya

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Pasangan bakal calon Presiden dan bakal calon wakil Presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka yang belakangan terus digunjing ternyata elektabilitasnya makin meroket.

    Ini dibuktikan dengan hasil survey Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Dalam rilis terbarunya, ARCI mencatat bahwa Prabowo-Gibran berada diurutan teratas meninggalkan dua paslon lainya. “Hasil survei ARCI, elektabilktas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

    Prabowo yang masih Menhan di cabinet Presiden Joko Widodo dan Gibran yang Walikota Solo, elektabilitas di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9% dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di angka 22,2%. Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan.

    Baihaki menyebut, bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

    “Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo,” jelasnya.

    “Survei ini kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU dan saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo,” tandasnya.

    Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

    Berikut hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI: (1) Prabowo-Gibran 40,1% (2) Ganjar-Mahfud 35,9% (3) Anies-Muhaimin 22,2% dan menyatakan tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%. (*)

    Reporter : Samuel Ruung/Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan