Sabtu, 18 Mei 2024
30 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024Presiden PKS Batal Hadiri Deklarasi Capres-Cawapres Anis-Muhaimin

    Presiden PKS Batal Hadiri Deklarasi Capres-Cawapres Anis-Muhaimin

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Buntut atas keputusan NasDem menggandeng ketua PKB Muhaimin Iskandar menjadi cawapres yang mendampingi Anis Baswedan di Surabaya, Sabtu siang, bukan hanya menyakiti Demokrat sebagai partai koalisi, tetapi juga Gerindra yang awalnya berkoalisi dengan PKB.

    Bagaimana dengan PKS? Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang membatalkan menghadiri deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pasangan capres-cawapres di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur. “Enggak [hadir],” kata Jubir PKS Ahmad Mabruri kepada wartawan, Sabtu (2/9).

    Mabruri mengatakan Syaikhu dijadwalkan akan memberikan konferensi pers kepada pewarta di DPP PKS sore ini. Ia enggan menjelaskan alasan Syaikhu tak menghadiri agenda Anies-Cak Imin tersebut. Mabruri meminta supaya bertanya langsung ke Syaikhu ketika konferensi pers itu berlangsung. “Nanti sore presiden PKS mau konferensi pers di kantor DPP. Sekitar jam 15.30 WIB,” katanya.

    Kehadiran PKS dalam deklarasi nanti diwakili oleh Sekretaris Jenderal Aboe Bakar Al Habsyi dan 10 orang rombongan. Menurutnya, deklarasi pasangan Anies-Cak Imin sudah dibicarakan secara panjang namun dalam waktu singkat. “Alhamdulillah kita istikamah kita bersama Anies, NasDem dan sekarang datanglah satu, saya berharap yang satu tidak keluar, semoga bersama,” kata Aboe dalam video wawancara yang diterima, Sabtu (2/9).

    Sementara itu, di Jalan Tunjungan Surabaya menuju Hotel Majapahit sudah terpasang sejumlah bendera PKB dan Nasdem. Ketika berjalan di lorong menuju ballroom Balai Adika juga telah terpasang deretan poster bergambar Anies-Cak Imin. “Deklarasi Capres Cawapres 2024, Hotel Yamato Soerabaja, 2 September 2023, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Mohon Doa Restu,” demikian tertera pada poster.

    Saat memasuki Balai Adika, tampak panggung deklarasi sudah siap dengan warna ornamen merah dan putih dominan. Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, persiapan sudah tuntas dan kini hanya tinggal menunggu kedatangan Anies dan Cak Imin serta tamu undangan yang kain. “Kami tinggal menunggu kehadiran para tamu, semua sudah disusun rapi dari sisi penataan tempat,” kata Jazilul ditemui di lokasi.

    Sementara Cak Imin akan lebih dulu sungkem dan meminta doa restu ibunya, Nyai Muhhasunah Hasbulloh di Jombang, sebelum berangkat ke lokasi deklarasi. “Pak Anies InsyaAllah akan landing di Surabaya dari Jakarta jam 11.00 WIB. Pak Muhaimin berangkat dari kediaman beliau setelah sungkem sama ibunda di Jombang, akan berangkat menuju venue deklarasi,” katanya. (*)

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan