Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPamekasanPMI Jatim Kirimkan Mobil Tangki Air Bantu Daerah Atasi Kekeringan

    PMI Jatim Kirimkan Mobil Tangki Air Bantu Daerah Atasi Kekeringan

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S mengatakan saat ini beberapa daerah Jatim mengalami kekeringan. Karena itulah, mantan Gubernur Jatim 2 periode itu telah memerintahkan pengurus untuk mengirimkan mobil tangki air ke daerah yang kekeringan untuk membantu warga menyediakan air bersih.

    Hal itu menjadi salah satu perhatian Imam Utomo ketika melakukan kunjungan kerja ke kabupaten dan kota di Jatim. “Dari 38 kabupaten dan kota di Jatim 20 daerah mengalami kekeringan. Lumajang menjadi salah satu yang menonjol. Di Pamekasan ada tujuh kecamatan yang mengalami kekeringan,” ujar Imam Utomo saat berkunjung ke PMI Pamekasan.

    Dalam kesempatan tersebut, ia didampingi jajaran pengurus PMI Jatim, bersama Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin, serta sejumlah jajaran pengurus PMI Pamekasan, termasuk dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Pamekasan.

    Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin menambahkan, bahwa PMI memang menjadi organisasi kemanusiaan yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga  apa saja yang menyangkut kepentingan orang banyak, PMI selalu terlibat.

    PMI Jatim Kirimkan Mobil Tangki Air Bantu Daerah Atasi Kekeringan

    Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, terdapat sebanyak 321 dusun di 77 desa yang tersebar di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan, dinyatakan sebagai titik kekeringan akibat kemarau tahun ini. Sementara hanya terdapat 2 (dua) kecamatan berbeda di Pamekasan, dinyatakan bebas dari kekeringan. Kedua kecamatan tersebut di kecamatan Pakong, dan Kecamatan Pamekasan.

    Ketua PMI Kabupaten Pamekasan, Sigit Yulianto menambahkan, pelayanan yang sifatnya mendesak, selalu menjadi prioritas. “Saat ini kita mendapat pinjaman tangki air dari PMI Jatim untuk menyalurkan air bersih seperti di Desa Padegagan Kecamatan Pademawu. Dari 13 Kecamatan di Pamekasan 7 desa cenderung kekeringan. Dan, PMI Jatim membantu 1 unit mobil tangki air,” jelasnya.

    “Distribusi air bersih ini kita lakukan sebagai langkah nyata kami membantu masyarakat, khususnya masyarakat terdampak kekeringan di Pamekasan,” tambah Kepala Markas PMI Pamekasan, Hairul Saleh, Rabu (23/8/2023).

    Untuk musim kemarau tahun ini, pihaknya menyiapkan satu unit armada tangki untuk mendistribusikan air bersih gratis ke sejumlah titik terdampak kekeringan di Pamekasan. “Berdasar schedule yang ditetapkan, kita memprioritaskan pengiriman air bersih gratis di 4 (empat) kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi kecamatan Galis, Larangan, Pademawu, dan Tlanakan,” ungkapnya.

    Titik sasaran pendistribusian tahun ini memang relatif lebih sedikit dibanding sebelumnya, seiring dengan keterbatasan armada tangki yang tersedia. “Namun yang pasti, titik sebaran lebih luas dibanding sebelumnya. Tidak kalah penting, proses pendistribusian air bersih ini juga kita bagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma alias gratis. Serta didistribusikan di titik tandon milik publik dan bukan perorangan,” tegasnya. (*)

    Reporter : samuel/amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan