Selasa, 21 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiGISLI Resmikan Pengurus Cabang Banyuwangi Dan Laksanakan Sosialisasi Keselamatan Nelayan

    GISLI Resmikan Pengurus Cabang Banyuwangi Dan Laksanakan Sosialisasi Keselamatan Nelayan

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Ketua Umum GISLI resmikan Pengurus Cabang Banyuwangi Dan Laksanakan Sosialisasi Keselamatan Nelayan.

    Gerakan Ingat Selamat Layar Indonesia (GISLI)meresmikan Pengurus Cabang Banyuwangi di dalam momentum acara petik laut di Muncar Banyuwangi pada Minggu (30/7/2023) Siang.

    GISLI yang diluncurkan di Jakarta pada 25 Mei 2023, lahir dari serangkaian kegiatan penelitian, presentasi, dan audiensi dengan komunitas nelayan sejak 2018. Banyak pihak terlibat, baik di tingkat nasional seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) maupun internasional seperti World Maritime University di Swedia pada tahun 2023, GISLI resmi didirikan dan mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

    Ketua Umum GISLI Irjen Pol (P) Drs. H. Mudji Waluyo menyampaikan, peresmian Cabang GISLI Banyuwangi ini merupakan wujud visi GISLI dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang mengutamakan keselamatan layar.

    Baca juga :  Tingkatkan Sinergitas Dandim 0825 Kunjungi Lapas Banyuwangi

    ” GISLI bercita-cita mendukung progam pemerintah dalam rangka mewujudkan ekosistem maritim Indonesia yang aman dan berkelanjutan. Misinya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya keselamatan maritim dengan harapan mampu menciptakan kerangka pikir dan perilaku yang selalu ingat selamat di wilayah perairan Indonesia,” tuturnya.

    Mudji Waluyo menyampaikan, sejak pendirian GISLI telah aktif dalam berbagai inisiatif mempromosikan keselamatan maritim pada tanggal 25 Mei 2023, GISLI sukses mengadakan webinar internasional yang membahas isu krusial seputar keselamatan maritim, tata kelola, dan penegakan hukum kapal perikanan nelayan di Indonesia GISLI juga telah melakukan sosialisasi dan membagikan jaket keselamatan kepada nelayan di Desa Besuki, Tulungagung pada tanggal 28 mei 2023.

    Baca juga :  Tingkatkan Sinergitas Dandim 0825 Kunjungi Lapas Banyuwangi

    “Kami percaya bahwa peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang mendukung keberlanjutan ekonomi biru Indonesia. Mari kita bersama-sama mendukung GISLI dalam upayanya membangun kesadaran dan komitmen masyarakat Indonesia terhadap keselamatan maritim,” paparnya.

    Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GISLI Kabupaten Banyuwangi terpilih Sihat, SE. berharap kepada masyarakat nelayan di Muncar agar lebih sadar keselamatan saat berkerja di laut. Dan dengan keberadaan GISLI ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman bagi nelayan untuk lebih menjaga keselamatan dirinya.

    “Karena masyarakat nelayan muncar sering kali mengabaikan keselamatan meraka. Di sini kami bergerak bersama GISLI untuk menyiptakan kesadaran mereka. Dan kami Akan mengajak kelompok usaha bersama (KUB)). Sementara kami memiliki 80 anggota DPC, dari perahu kecil,perahu besar. Kita ajak bersama para nelayan ini demi keselamatan diri sendiri,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Nur Muzayyin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan