Selasa, 21 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriRatusan Masyarakat Memperoleh Bantuan Modal DBHCHT oleh Pemkot Kediri

    Ratusan Masyarakat Memperoleh Bantuan Modal DBHCHT oleh Pemkot Kediri

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Bantuan Modal Usaha (Banmod) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023 yang diserahkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri kepada 787 masyarakat.

    Penyerahan bantuan ini diberikan kepada masyarakat di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kota Kediri. Dengan sasaran warga di Kelurahan Semampir, Dandangan, Kemasan, Pakelan, Ngadirejo, Banjaran, dan Jagalan.

    ” Totalnya hari ini ada 787 orang dari 6666. Jadi ini bantuan yang apa yang diberikan oleh pemerintah kota Kediri karena banyaknya UMKM yang membutuhkan bantuan,” ujar Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Senin (24/7/2023).

    Menurutnya, dimana Kota Kediri usaha masyarakat yang paling banyak dilakukan adalah UMKM selain industri tembakau dan gula dan bentuk usaha lainya.

    Baca juga :  Ratusan PPK KPU di Kediri Didominasi Wajah Baru Pilkada 2024

    Bantuan modal usaha yang diterima masyarakat berasal dari DBHCHT, dan harus dibelanjakan sesuai dengan rencana dan persyaratan yang sudah diajukan.

    ” Masyarakat menerima uang senilai Rp 2.4 juta, dengan klasifikasi utama mempunyai usaha yang sudah berjalan dengan jangka tahun tertentu,” urainya.

    Mas Abu juga mengingatkan, agar masyarakat tidak tergoda dengan keberadaan jasa rentenir dalam menjalankan bisnis usahanya. Dikhawatirkan akan justru akan menyusahkan masyarakat di kemudian hari.

    ” Ya kami banyak menemukan jasa rentenir beredar di Kota Kediri, dengan sasaran utamanya kepada pedagang kecil atau kelas menengah kebawah. Dimana bunganya sangat tinggi, yang dapat mempengaruhi kondisi ekonomi nasabah atau pedagang tersebut,” ungkapnya.

    Terpisah, salah satu penerima bantuan Tutik mengatakan, ia berterima kasih karena memperoleh bantuan DBHCHT melalui kepada Pemkot Kediri.

    Baca juga :  Lindungi Hak Tanah, Bupati Kediri Ingatkan Warga agar Sertifikat Tanah Tidak Boleh Dijadikan Agunan ke Rentenir

    Bantuan tersebut akan dia gunakan, untuk mengembangkan bisnis salon kecantikanya di wilayah Kelurahan Banjaran, Kota Kediri.

    “Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Kediri, dan saya berharap pemerintah terus memperhatikan pelaku UMKM kecil seperti kami,” pungkasnya.

    Untuk diketahui, sebelumnya Pemkot Kediri juga telah menyalurkan bantuan serupa kepada sebanyak 399 penerima berasal dari Kelurahan Manisrenggo, Setonopande, Pocanan, dan Balowerti di Gedung Kelurahan Manisrenggo pada (20/7) pekan lalu. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan