Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaWali Kota Eri Dinobatkan sebagai Pembina Koperasi Andalan

    Wali Kota Eri Dinobatkan sebagai Pembina Koperasi Andalan

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan sebagai Pembina Koperasi Andalan 2023 dari Dewan Koperasi Indonesia. Ini penghargaan kedua, karena pada tahun 2022, Eri juga dinobatkan sebagai Penggerak Koperasi Terbaik se-Indonesia.

    Penghargaan diserahkan langsung Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari kepada Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya yang mewakili Wali Kota Eri. Prosesi penyerahan penghargaan itu digelar di Gedung Tenis Indoor Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Rabu (12/07/2023), dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76.

    Eri mengaku bersyukur bisa meraih penghargaan tersebut. Baginya, penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Surabaya. Sebab, filosofi koperasi adalah gotong royong. Ketika satu berhasil maka berhasil semua, dan ketika satu gagal maka gagal semuanya.

    Baca juga :  Waspada Risiko Penularan DBD di Kota Surabaya

    “Alhamdulillah dengan kekuatan gotong royong di Surabaya, dengan adanya rumah padat karya, maka kita diberikan penghargaan Penggerak Koperasi Terbaik tahun lalu dan tahun ini Pembina Koperasi Andalan. Itu berarti gotong royong di Surabaya dinilai berhasil dan gotong royong ini ada keberhasilan bersama seluruh warga Kota Surabaya,” katanya, Kamis (13/7/2023).

    Kunci sukses Surabaya mendapatkan penghargaan ini adalah masyarakat yang mempunyai jiwa toleransi tinggi dan mempunyai jiwa saling tolong-menolong. Akhirnya, jika melihat ada yang lemah, maka yang kuat membantu.

    “Ketika ekonomi kerakyatan digerakkan, maka lahirlah rumah padat karya, baik di bidang laundry, di bidang jahit, di bidang magot, juga di bidang coffee shop dan lainnya. Itu semua dikerjakan oleh para MBR, bahkan warga yang belum punya pekerjaan juga kita carikan pekerjaan,” imbuhnya.

    Baca juga :  Easy Paspor Pasar Atom Mall Diinisiasi Imigrasi Tanjung Perak Diserbu Pemohon

    Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Dewi Soeriyawati memastikan bahwa Pemkot Surabaya selama ini memang sangat intensif melakukan pengawasan dan pendampingan kepada koperasi di Surabaya. Bahkan, Wali Kota Eri membuat kebijakan dengan melibatkan koperasi untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa di Pemkot Surabaya.

    “Jadi, atas arahan Pak Wali, koperasi di Surabaya bisa menjadi pemasok UMKM, pendamping UMKM, menyerap serta melakukan pemasaran produk UMKM. Alhamdulillah kini semakin banyak koperasi yang aktif, total hingga 30 Juni 2023 ada sebanyak 596 koperasi yang sangat aktif dan berkembang pesat,” tukasnya. (wet)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan