Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    OlahragaLiga 3 Jatim bakal Digelar Lagi Oktober 2023

    Liga 3 Jatim bakal Digelar Lagi Oktober 2023

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Liga 3 Jawa Timur (Jatim) dipastikan kembali berlangsung tahun ini. Kompetisi sepak bola itu dijadwalkan akan dimulai pada Oktober 2023 mendatang.

    “Paling cepat dimulai pada minggu kedua Oktober. Sebab putaran nasional baru digelar April 2024,” kata Amir Burhannudin, Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim dalam keterangan resminya, Kamis (15/6/2023).

    Amir menjelaskan, keputusan untuk memulai Liga 3 pada Oktober mendatang adalah buah kesepakatan dalam Kongres PSSI Jatim di Surabaya, hari Rabu (14/6/2023). Menurut pria asal Tuban itu, format pertandingan akan dikembalikan seperti sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Jadi, setiap laga akan digelar dengan skema home and away.

    Terkait kepesertaan, Amir menegaskan Liga 3 diikuti klub anggota PSSI Jatim. Namun, ada kebijakan khusus yang diberikan PSSI Jatim kepada asosiasi kabupaten atau kota yang tidak memiliki pembinaan klub Liga 3. “Mereka boleh mendaftarkan klubnya. Tapi, tidak dibuka untuk umum. Banyak untuk kota/kabupaten yang tidak punya klub Liga 3,” jelas Amir.

    Baca juga :  Kejurda Tarung Bebas Indonesia Meriahkan HJKS di Gelora Pancasila Surabaya

    Sebelumnya, PSSI Jatim memutuskan tidak menggelar kompetisi Liga 3 2022 karena penyesuaian peraturan polisi (perpol) terkait infrastruktur, di mana banyak stadion klub Liga 3 yang tidak memenuhi standar.

    Seperti diketahui, Asprov PSSI Jawa Timur menggelar Kongres Biasa 2023 yang berlangsung di Ballroom Hotel Sheraton, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Selain soal Liga 3 dalam forum ini sejumlah agenda menjadi bahan pembahasan. Di antaranya laporan kegiatan tahun 2022, laporan pertanggungjawaban keuangan, pembuatan program kerja tahun 2023 serta penetapan jadwal Liga 3 Jawa Timur 2023.

    Salah satu hasil Kongres Biasa PSSI Jatim 2023 ini yang paling penting adalah disetujuinya penerapan kurikulum dan silabus sepak bola Jatim. Rancangan pembelajaran dan penilaian sepak bola di semua level yang disusun oleh Komite Teknik Asprov PSSI Jatim dipimpin Direktur Teknik Asprov PSSI Jatim Joko Susilo, dengan anggota Fachri Husaini, Uston Nawawi, Muhammad Zein Alhadad, Kurnia Sandy, Hanafing, dan dua akademisi dari Unesa, Dr Imam Syafii M.Kes, dan Dr Purnomo.

    Baca juga :  PON XXI Aceh-Sumut Tinggal 4 Bulan, Menko Muhadjir: Persiapannya Berjalan Baik

    “Silabus ini disusun oleh pelatih terbaik Jatim berlisensi AFC Pro dan kandidat AFC Pro, serta akademisi yang selama ini berkecimpung di dunia sepakbola terutama sepakbola usia dini,” jelas Amir Burhannudin. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan