Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaPSSI Minta Klub Segera Lepas Pemain ke Timnas

    PSSI Minta Klub Segera Lepas Pemain ke Timnas

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Gara-gara sejumlah pemain belum bergabung di pemusatan latihan timnas Indonesia di Surabaya menjelang laga FIFA Matchday melawan Palestina, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta agar klub anggota PSSI segera melepas pemainnya ke timnas yang digelara sejak Senin (5/6/2023) lalu.

    Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba melawan Palestina dan Argentina pada rangkaian FIFA Matchday, sepanjang Juni 2023 ini. Palestina bakal menjadi lawan pertama yang dihadapi skuad Garuda. Setelah itu, anak asuh Shin Tae-yong akan menjajal kekuatan sang juara dunia Argentina.

    Laga uji coba timnas Indonesia vs Palestina akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/6/2023) mendatang. Kemudian, pertandingan Indonesia vs Argentina bakal dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin (19/5/2023).

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Sebelumnya, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia telah memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) timnas Indonesia. Skuad Garuda akan berkumpul dan menjalani TC di Surabaya untuk mempersiapkan diri menghadapi timnas Palestina.

    Pada hari pertama, hanya ada delapan pemain yang bergabung. Delapan pemain yang bergabung sejak awal TC adalah Dimas Drajad, Andy Setyo, Sandy Walsh, Syahrul Trisna, Ivar Jenner, Fachruddin Aryanto, Rafael Struick, dan Dendy Sulistyawan. Selanjutnya pada Selasa (6/6/2023) sore WIB, tujuh pemain yaitu Edo Febriansyah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, dan Marselino Ferdinan menyusul ke Surabaya.

    Dengan demikian, tinggal 11 pemain yang belum bergabung mengikuti TC timnas Indonesia menjelang laga uji coba melawan Palestina. Tiga pemain PSM Makassar yakni Reza Arya Pratama, Yacob Sayuri, dan Yance Sayuri belum bisa gabung karena masih membela klubnya di play-off Liga Champions Asia 2023-2024 menghadapi Bali United.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Leg pertama laga tersebut digelar pada Selasa (6/6/2023). Kemudian, leg kedua akan dilaksanakan pada Sabtu (10/6/2023). Selain tiga pemain PSM tersebut, dua pemain Persija Jakarta yakni Witan Sulaeman dan Rizky Ridho belum bisa bergabung. Sisanya, ada enam pemain abroad alias yang bermain di luar negeri yang juga belum hadir pada TC skuad Garuda.

    Saddil Ramdani (Sabah FC) dijadwalkan baru akan gabung ke timnas pada 9 Juni mendatang. Sementara itu, Jordi Amat yang juga bermain di Malaysia bersama Johor Darul Takzim akan menyusul pada 12 Juni.

    Hal itu membuat Erick Thohir berang. Bahkan, dia sudah meminta manajer tim Sumarji maupun BTN untuk menindaklanjuti permintaannya untuk menghubungi klub. “Saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Semestinya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada kegiatan di klub. Mohonlah mengerti karena kami juga menginginkan adanya chemistry antar pemain. Komunikasi timnas dan klub jangan seperti ini lagi,” jelas manajer timnas Sumarji.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Sumardji menekankan pentingnya jiwa nasionalisme untuk memenuhi panggil tim nasional. “Semua ini demi bangsa dan negara. Jadi saya mohon pengertiannya. Ini dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara,” tegasnya. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan