Jumat, 24 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    OlahragaTimnas Indonesia Bakal Tergabung di Grup Neraka Piala Dunia U-20 2023

    Timnas Indonesia Bakal Tergabung di Grup Neraka Piala Dunia U-20 2023

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Setelah menyelesaikan Piala Asia U-23 di Uzbekistan, kini sudah lengkap 24 tim yang berhak lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di 6 stadion di Indonesia, Mei 2023 mendatang.

    Indonesia sebagai tuan rumah berpotensi tergabung di grup neraka Piala Dunia U-20 2023 apabila melihat daftar pembagian pot undian. Kontestan yang memiliki level top seperti Inggris hingga Brasil sudah siap mengadang.

    Sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 memang cukup diuntungkan lantaran tergabung di pot pertama pada undian grup nanti. Setidaknya, Tim Garuda Muda sudah dipastikan terhindar dari lawan-lawan tangguh di Piala Dunia U-20 2023 seperti Uruguay, Prancis, Italia, Amerika Serikat, hingga Senegal.

    Namun, jika melihat persebaran kontestan di pot kedua, ketiga, dan keempat, skuad asuhan Timnas Indonesia U-20 itu tetap berpotensi untuk menghadapi lawan-lawan yang punya kekuatan mentereng di dunia.

    Dalam undian grup Piala Dunia U-20 2023, pot dua akan ditempati Inggris, Korea Selatan, Selandia Baru, Brasil, Kolombia, hingga Ekuador. Timnas Korea Selatan U-20 sudah dipastikan tak akan tergabung satu grup dengan Indonesia, karena regulasi yang mengatur dua negara dari konfederasi yang sama tak bisa bertemu pada penyisihan.

    Setidaknya, dua negara terkuat yang paling mengancam Timnas Indonesia U-20 ialah Inggris dan Brasil. Inggris punya status yang mentereng karena mereka pernah menjadi juara pada edisi 2017. Adapun Brasil adalah lawan yang paling mengerikan. Sebab, tim yang dijuluki Selecao Sub-20 berstatus peraih gelar juara terbanyak kedua dengan lima trofi. Kelima gelar itu diraih pada edisi 1983, 1985, 1993, 2003, dan 2011.

    Beralih ke pot tiga, Timnas Indonesia U-20 sudah bisa bernafas lega karena tak perlu berjumpa lawan-lawan tangguh asal Asia di fase penyisihan grup. Mereka adalah Jepang, Uzbekistan, dan Irak. Ketiganya sama-sama berstatus sebagai semifinalis Piala Asia U-20 2023. Khusus untuk Uzbekistan dan Irak yang sukses lolos ke final, keduanya sama-sama jadi penjegal Indonesia pada penyisihan grup.

    Indonesia yang tergabung di Grup A kemungkinan bersama Inggris, Nigeria, dan Slovakia. Lalu, ada pula kemungkinan untuk berada satu grup dengan Brasil, Nigeria, dan Guatemala.

    Apabila dua skenario itu terjadi, peluang Timnas Indonesia U-20 untuk mewujudkan targetnya lolos dari fase grup sangat tipis jika berbicara soal hitung-hitungan di atas kertas.

    Total 24 negara yang ambil bagian termasuk Indonesia. Kontestan tersebut terdiri dari enam konfederasi, yaitu AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, UEFA, dan OFC.

    Tiket ke Indonesia yang didapat oleh wakil CAF (Afrika) adalah Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia. Zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) juga memiliki empat wakil, yakni Amerika Serikat, Republik Dominika, Guatemala, dan Honduras. Eropa punya lima wakil dalam ajang ini, yaitu Inggris, Prancis, Italia, Solvakia, dan Israel. Ukraina selaku juara bertahan tak ambil bagian dalam ajang ini karena gagal di kualifikasi.

    Asia menjadi benua terakhir yang sudah melengkapi slotnya, yakni Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, dan Irak. Empat negara tersebut meraih tiket setelah menembus semifinal Piala Asia U-20 2023. (sr)

     

    Daftar peserta Piala Dunia U-20 2023:

    Afrika: Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia.

    Concacaf: Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat.

    Amerika Selatan: Brasil, Kolombia, Ekuador, Uruguay.

    Oseania: Fiji, Selandia Baru.

    Eropa: Italia, Inggris, Prancis, Israel, Slovakia.

    Asia: Uzbekistan, Jepang, Korea Selatan, Irak.

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan