Kamis, 13 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPeringatan Hari K3, Khofifah : Hindarkan Pekerja dari Penyakit TBC

    Peringatan Hari K3, Khofifah : Hindarkan Pekerja dari Penyakit TBC

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023 diisi upacara dengan Irup Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di lapangan sepakbola Prapat Kurung Jalan Perak Timur, Kamis  (12/1).

    Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada 10 bupati/walikota sebagai pembina K3 zero acciden dan ratusan perusahaan di Jawa Timur.

    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengemukakan, seluruh perusahaan di Jawa Timur diminta untuk tidak hanya menjaga keselamatan kerja para pekerjanya. Melainkan juga turut memperhatikan kesehatan pekerja utamanya dari penyakit Tuberkulosis (TBC).

    Penyakit TBC menjadi atensi dan pekerjaan rumah nasional dan juga seluruh stakeholder terkait untuk melindungi pekerja dari penyakit menular tersebut.

    Baca juga :  RPH Surabaya Tawarkan Jasa Potong, Kemas, dan Kirim Hewan Kurban

    Untuk itu, secara khusus, Gubernur Khofifah berharap perusahaan di Jawa Timur secara proaktif memberikan assessment terhadap tenaga kerja yang teridentifikasi TBC.

    Jika ditemukan pekerja yang memiliki gejala TBC, maka ia meminta perusahaan untuk kemudian memberikan treatment supaya mereka sehat dan bisa memberikan input pada peningkatan kinerja dan produktivitas perusahaan.

    Khofifah menjelaskan, menurut WHO Global TBC Report 2021, Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan jumlah kasus TBC nomor 2 di dunia.

    Sebagai wujud nyata pemerintah dalam meningkatkan program K3, khususnya percepatan penanggulangan TBC untuk mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030, Kementerian Ketenagakerjaan telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuborkulosis di Tempat Kerja.

    Baca juga :  Pemkot Surabaya Tertibkan Kartu Keluarga Bermasalah

    Diharapkan manajemen atau penyedia kerja dapat berpartisipasi aktif terhadap penanggulangan TBC di tempat kerja, dimulai dari saat seleksi pekerja, higiene sanitasi di tempat kerja, hingga gotong royong perbaikan perumahan pekerja, tuturnya.

    Menurut Gubernur Khofifah, dapat dikatakan sebagai pekerjaan layak apabila memenuhi 3 kondisi, yakni tersedia bagi semua orang pada usia produktif tanpa kecuali, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, serta tanpa hambatan gender.

    Semua pekerja terlindungi secara sosial, termasuk mereka yang terlibat dalam kegiatan ekonomi informal. Semua pekerja tersalurkan suara dan aspirasinya melalui sistem dialog sosial yang berharkat secara kemanusiaan.

    Selain itu, dalam peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi bupati, wali kota dan perusahaan-perusahaan di Jatim yang memberikan perhatian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga mampu mencegah zero accident atau kecelakaan nihil bagi pekerja di tempat kerjanya. (*)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan