Kamis, 13 Juni 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPacitanDiresmikan Gubernur Dua Jembatan Desa Senilai Rp9 miliar

    Diresmikan Gubernur Dua Jembatan Desa Senilai Rp9 miliar

    PACITAN (WartaTransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja sehari ke kabupaten Pacitan dengan meresmikan dua Jembatan ditempat yang berbeda.

    Pengoperasian jembatan dilakukan secara simbolis berupa pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita, Selasa (10/1/2023). Dua jembatan itu terletak di Desa Kembang Kec. Pacitan dan Jembatan Gandu di Desa Wonodadi Kulon,Kec. Ngadirejo.

    Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Kepala Dinas PU Bina Marga Prov Jatim Edy Tambeng Widjaja, Kepala Desa Kembang dan Kepala Desa Gandu.

    Kedua jembatan tersebut dibangun dengan sumber pendanaan dari Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemprov Jatim senilai Rp. 6,03 Miliar untuk Jembatan Kembang dan Rp. 3,08 Miliar untuk Jembatan Gandu.

    Gubernur Khofifah mengatakan dibangunnya kembali kedua jembatan tersebut merupakan upaya untuk memperkuat konektivitas dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat.

    “Jembatan putus masuk dalam prioritas penanganan. Jembatan ini bukan hanya memiliki fungsi fisik saja, melainkan juga memiliki fungsi menghubungkan ekonomi, pendidikan, layanan kesehatan juga menyambungkan seduluran (persaudaraan),” ungkapnya.

    Ini juga menjadi pendukung maksimalisasi aktivitas masyarakat pasca PPKM resmi dicabut oleh Pemerintah Pusat.

    Sebelumnya, Kedua jembatan tersebut sempat terputus akibat banjir dan longsor di Kabupaten Pacitan bulan Oktober tahun 2022 lalu yang mengakibatkan lumpuhnya perekonomian.

    Sebagai informasi, Jembatan Kembang membentang sepanjang 39 meter dengan lebar 4,8 meter menghubungkan Desa Kembang dan Desa Sirnoboyo.

    Sedangkan Jembatan Gandu dibangun di atas Sungai Gandu menghubungkan Desa Wonodadi Kulon dan Desa Sembowo dengan panjang 27 meter dan lebar 4,2 meter. (*)

    Reporter : Bambang TW

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan