Senin, 6 Februari 2023
31 C
Surabaya
More
    HeadlineHaul Jam’ul Jawami’ Berharap Turun Rahmat dan Birrul Walidain

    Haul Jam’ul Jawami’ Berharap Turun Rahmat dan Birrul Walidain

    SIDOARJO (Wartatransparansi.com)  – Peringatan Haul Jam’ul Jawami’ berharap turunnya rahmat, taufiq, hidayah dan ridlo dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena menceritakan orang orang-orang Sholihin dan mendoakan serta sadaqoh infaq kepada ahli kubur.

    “Mengingat-ingat kebaikan orang-orang Sholihin menjadi sebab musabab nya turunnya rahmat,” kata Djoko Tetuko Abd Latif, saat memberikan ceramah, acara Haul Jam’ul Jawami’ di Bakai RW I Kelurahan Celep, Ahad (8/1/2023).

    Selain itu, lanjut dia, Haul untuk mendoakan kebaikan orang-rang dahulu, merupakan harapan setiap kita memunajat dan berdoa dalam sholat.

    Ustad Mahfudi selaku Ketua Majelis Khotmil Qur’an Ahad Wage sebagai penyelenggaraan Haul Jam’ul Jawami’ mengatakan bahwa
    asbabun wurudnya karena Romo Kiai Ismail sering didatangi arwahul kamilah antara lain Mbah Hasan Munadi Jawa Tengah, Mbah Mendeg Trawas, Mbah Jabung Jatirejo, minta dihauli.

    “Kiai kulo sampean haul li,” kata Mahfudi menirukan ucapan almagfurullah Romo Kiai Haji Ismail, Berangkal Mojokerto, ketika masih mondok di sana.

    Menurut Mahfudi,
    Kiai Haji Ismail, setiap acara kekhasannya seluruh makanan disuruh menghabiskan dan besok kalau ada acara ya membuat lagi.

    Mengingat Haul berjamaah seperti sekarang, lanjut Ustad Mahfudi, maka InsyaAllah semua yang hadir dan semua yang memberikan sadaqoh dan infaq kepada orangtua, jelek nenek, buyut dan seterusnya menjadi bagian dari doa bersama.

    “Mudah-mudahan menjadi bagian dari
    Birrul Walidain (berbakti kepada orangtua) dan orangtuanya orangtua (kakek dan nenek), karena haul untuk mbah, buyut, dan seterusnya,” tandasnya.

    Mahfudi menjelaskan, tetapi untuk Birrul Walidain yang sempurna sangat sulit, karena kebiasaan anak ketika masih kecil dirawat orangtua dengan niat sehat dan dicerdaskan. Sebaliknya, jika orangtua sakit dirawat, anaknya sering mengeluh atau suka mengeluh.

    “Oleh karena itu, mudah-mudahan barokahnya Haul Jam’ul Jawami’ Indonesia dijauhkan dari musibah dan bencana. Masalah apa saja mudah-mudahan dimudahkan urusannya oleh Allah Subahnahu wa Ta’ala,” tutur Ustad Mahfudi.

    M. Yunus, Ketua RW 1 Kelurahan Celep mengatakan, terima kasih kepada para pengurus Majelis Khotmil Qur’an Ahad Wage yang menggelar acara dengan melibatkan masyarakat luar biasa.

    “Dukungan dari warga di lingkungan sangat luar dan terima kasih, semoga ke depan semakin baik dan baik, menjadi amal ibadah yang bermanfaat, dan membuat kampung damai dan tenang,”
    katanya. (*)

    Reporter : Nuriyah Maslahah

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan