Jumat, 19 Juli 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaPattynama Tinggal Tunggu Sumpah, Pemain Naturalisasi Bertambah

    Pattynama Tinggal Tunggu Sumpah, Pemain Naturalisasi Bertambah

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Presiden RI Joko Widodo resmi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan untuk salah satu pemain calon naturalisasi, Shayne Elian Jay Pattynama. Penandatanganan Keppres ini menguatkan keputusan DPR RI untuk melanjutkan proses pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne di Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (17/11) lalu.

    “Alhamdulillah hari ini Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne Pattynama sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Presiden, Komisi III dan X DPR RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta seluruh pihak yang sudah membantu hingga proses ini selesai.” ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

    Baca juga :  LaNyalla Pacu Semangat Atlet Tenis Meja Jatim untuk PON Aceh-Sumut

    Setelah Keppres ditandatangani, maka selanjutnya Shayne akan menjalani proses lanjutan sebelum akhirnya resmi memperkuat timnas Indonesia. Nantinya Kementerian Hukum dan HAM akan mengundang Shayne untuk menghadiri pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia, diikuti dengan pemberian paspor. “Semua sudah sesuai prosedur dan mekanisme. Semoga proses selanjutnya berjalan lancar. Kita sama-sama berharap semua proses bisa berjalan lancar, termasuk proses perpindahan asosiasi” tutup Iriawan.

    Disetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada Shayne Pattynama menambah daftar panjang pemain yang berhasil di naturalisasi. Sebelumnya Sidang Paripurna DPR juga menyetujui naturalisasi dua pemain asal Belanda dan Spanyol berdarah Indonesia yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Jauh sebelumnya sudah ada Elkan Baggot yang saat ini masih merumput di Liga Inggris.

    Baca juga :  Tim Efootball PWI Jatim Siap Pertahankan Gelar di Porwanas XIV Banjarmasin

    Mereka akan menjadi tumpuan timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-20 maupun Piala Asia U-20 yang sama-sama digelar tahun 2023. Terdekat Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada bulan Mei 2023 mendatang. Ada 6 kota ditetapkan sebagai penyelenggara. Selain Jakarta ada Bandung, Solo, Surabaya, Bali dan Palembang. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan