Rabu, 24 Juli 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurTulungagungGolkar Tanggung Biaya Sekolah Bagi Anak Korban Longsor Tulungagung

    Golkar Tanggung Biaya Sekolah Bagi Anak Korban Longsor Tulungagung

    TULUNGAGUNG (WartaTransparansi.com) –  Hujan mengguyur wilayah kabupaten Tulungagung belakangan menimbulkan banyak kerugian baik materiel maun korban jiwa akibat tanah longsor. Tercatat tiga orang meninggal yakni Mulyoto (37), Darmani (65) dan Kirno (65).

    Wakil ketua Komisi Vl DPR Muhammad Sarmuji menyampaikan bela sungkawa mendalam atas musibah itu. Sarmuji juga juga takziyah ke kediaman korban bencana longsor yang berada di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Senin (24/10/2022)

    Selain takziyah kepada keluarga tiga korban, Ketua DPD Golkar Jawa Timur tersebut juga memberikan sejumlah paket sembako untuk warga yang terdampak longsor sekitaran Desa Nyawangan.

    “Kami atas nama Golkar Jawa Timur berbela sungkawa atas korban longsor yang terjadi di Desa Nyawangan, Sendang Tulungagung. Semoga para korban khusnul khotimah”, Ucap Sarmuji.

    Kondisi Desa Nyawangan khususnya Dusun Bantengan memang cukup menghawatirkan. Banyak rumah yang lokasinya berada di pinggir tebing yang hanya diperkuat oleh tanaman bambu.

    “Sepanjang saya menyusuri desa ini, saya melihat banyak perumahan penduduk yang berada di pinggir tebing dengan tanaman penahan tanah yang kurang memadai. Hal ini cukup berisiko jika terjadi hujan yang deras”, ujar Sarmuji.

    Pihaknya berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari. Perlu mitigasi bencana dan perbaikan lingkungan di Desa Nyawangan.

    “Mitigasi bencana sudah sangat diperlukan untuk menghindari korban lebih banyak lagi di masa depan. Selain itu sudah selayaknya perbaikan lingkungan tanpa meninggalkan kesejahteraan masyarakat. Perlu diperbanyak tanaman yang lebih bisa menahan air dan tanah selain tanaman rumput gajah yang banyak ditanami warga agar ketahanan tanah juga terjaga,” ungkap Sarmuji.

    Tawarkan Beasiswa Pendidikan

    Di sela takziyah di keluarga Almarhum Mulyoto, Golkar Jawa Timur melalui Ketua DPD Golkar Tulungagung, KH. Asmungi Zaini, menawarkan beasiswa untuk anak mulyoto yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar.

    “Untuk meringankan beban dan sebagai bentuk peduli kami, jika ananda bersedia, maka setelah lulus SD nanti bisa mendapatkan beasiswa masuk pondok pesantren Miftahul Ulum hingga lulus SMA,” Ujar KH Asmungi Zaini. Sarmuji memberikan dukungan atas tawaran bea siswa yang disampaikan Ketua Golkar Tulunga Agung tersebut.

    Tawaran yang diberikan oleh Ketua Golkar Tersebut diamini oleh keluarga Almarhum Mulyoto dan akan ditawarkan kepada anaknya kelak.

    “Alhamdulillah, terima kasih Pak, semoga nanti ananda bersedia untuk di pesantren,” ujar Istri Mulyoto

    Longsor di Desa Nyawangan dipicu hujan deras yang menguyur sejak tanggal 23 Oktober sore hari. Korban diketahui menjadi korban longsor pada pukul 16.00 WIB setelah kerja bakti membersihkan longsor pertama yang menutup jalan desa. (*)

    Reporter : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan