Kamis, 18 April 2024
31 C
Surabaya
More
    OlahragaGagal Ke Putaran Final Piala Asia 2023, Timnas U-17 Indonesia Dibubarkan

    Gagal Ke Putaran Final Piala Asia 2023, Timnas U-17 Indonesia Dibubarkan

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) –  Timnas U-17 Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. Garuda Asia tersisih dari persaingan enam tim runner-up terbaik. Kekalahan dari Malaysia pada partai pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U17 2023 membuat Garuda Asia harus mengubur mimpi melaju ke putaran final.

    Atas kegagalan itu, timnas Indonesia U-17 resmi dibubarkan. Adapun pelatih Bima Sakti akan langsung fokus membesut tim pelajar di Asian Youth Games 2022. Tim ini biasanya menggunakan skuad dari tim pelajar Kemenpora, namun pada edisi kali ini diserahkan ke PSSI. Adapun untuk susunan pemain, nantinya akan menggunakan yang usianya lebih muda dari skuad Timnas Indonesia U-17. Dengan begitu, pemain U-17 akan dikembalikan ke klub masing-masing. “Ada jadwal Asian Youth Games di China. Sementara ini, kami mungkin akan kembalikan pemain ke klub karena persiapan sudah sebulan lebih. Mereka harus bangkit, tidak boleh putus asa,” tegas Bima Sakti.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    “Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepak bola Indonesia atas hasil yang tidak memuaskan ini. Kecewa, sedih, pasti. Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen in untuk mereka ke depan. Karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih,” tegas Bima Sakti.

    Sebelumnya, Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, pada Minggu (9/10/2022) malam WIB, Indonesia kalah telak 1-5 dari Malaysia. Hasil Kualifikasi Piala Asia U17 2023 tersebut membuat Indonesia lengser dari posisi puncak klasemen Grup B yang direbut oleh Malaysia. Alhasil, Malaysia yang mengoleksi poin akhir 10 menjadi tim dari Grup B yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U17 tahun depan.

    Sementara itu, meski mampu mengumpulkan sembilan poin dan selisih gol plus 13, Indonesia tetap kalah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik. Dari 10 tim runner-up, hanya enam tim terbaik yang mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. Secara berurutan, keenam tim runner-up terbaik itu adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Indonesia berada di bawah Laos dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023 karena hasil pertandingan melawan peringkat keempat dan kelima fase grup tidak dihitung. Sebab, 10 grup pada babak Kualifikasi Piala Asia U17 2023 memiliki jumlah tim yang berbeda.

    Oleh sebab itu, hasil yang diraih Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) tidak dihitung dalam klasemen runner-up terbaik. Dalam klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023, keenam tim termasuk Laos dan Indonesia sama-sama mengoleksi tiga poin. Akan tetapi, Laos (selisih gol -2) berhak atas peringkat keenam, sedangkan Indonesia (selisih gol -3) berada di posisi ketujuh. Kemenangan 2-1 Laos atas Kyrgyzstan pada matchday terakhir Grup I menjadi kunci keberhasilan mereka menggeser Indonesia yang sempat menempati peringkat keenam klasemen runner-up terbaik.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Adapun, putaran final Piala Asia U17 2023 awalnya akan diselenggarakan di Bahrain pada 3-20 Mei tahun depan. Namun, Bahrain menyatakan mundur sebagai tuan rumah Piala Asia U17 2023.

    Berikut adalah daftar 16 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023. Juara grup: Jepang (Grup A) Malaysia (Grup B) Qatar (Grup C) Arab Saudi (Grup D) Yaman (Grup E) Vietnam (Grup F) Australia (Grup G) Tajikistan (Grup H) Iran (Grup I) Uzbekistan (Grup J) Runner-up terbaik: Korea Selatan China Afghanistan India Thailand Laos. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan