Rabu, 17 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaPSSI Jatim Tunda Liga 3 Jatim

    PSSI Jatim Tunda Liga 3 Jatim

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –  Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur sudah mengumumkan gelaran Liga 3 Jawa Timur ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Penundaan ini berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan Kabupaten Malang yang memakan korban jiwa 131 orang.

    Liga 3 Jatim 2022 seharusnya mulai digelar pertengahan Oktober ini. Sebanyak 58 klub Jawa Timur akan dibagi ke dalam 14 grup dalam fase pertama kompetisi Liga 3. Dyan Puspito Rini, sekretaris Asprov PSSI Jatim menyampaikan, untuk mengisi kekosongan akibat penundaan kompetisi, pihaknya akan menggelar sejumlah workshop.

    Workshop untuk natch com PP, workshop team media klub, workshop wasit yang lulus penyegaran, dan workshop LOC atau kepanpelan. “Tujuan untuk peningkatan kualitas kompetisi ke depannya,” Dyan Puspito Rini.

    Selain terus berkomunikasi intens dengan pusat terkait dibolehkan kembali menggelar kompetisi, perempuan akrab disapa Rini itu juga akan komunikasi dengan 14 tuan rumah. “Koordinasi dengan 14 tuan rumah untuk kembali cek kondisi keamanan dan pengamanan dari sisi panpel host tentang perijinan polisi setempat kebijakannya apa,” bebernya.

    Diketahui sebelumnya, penundaan ini sesuai arahan pemerintah melalui Menkopolhukam juga perintah PSSI melalui dengan nomor 4034/UDN/2608/X-2022 tentang penghentian kompetisi Liga 1,2 dan 3.

    Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, kickoff Liga 3 regional Jatim resmi ditunda Asprov PSSI Jatim hingga waktu yang tidak ditentukan. Hampir semua tim, termasuk dua tim asal Mojokerto, Persem dan PS Mojokerto Putra (PSMP) sudah memprediksi dan mengantisipasi penundaan itu sebagai efek panjang pasca tragedi Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10) yang menewaskan hingga 131 korban jiwa.

    Tidak ada pilihan lain bagi Persem selain memperpanjang libur latihan timnya sampai ada keputusan bersama antara pengurus dan manajemen. Seolah libur ini menjadi kesempatan bagi manajemen dan pengurus Laskar Damarwulan untuk membenahi diri agar tidak sampai mengalami krisis keuangan kembali jika suatu saat nanti kompetisi Liga Amatir kembali diputar PSSI.

    ’’Banyak tim liga 3 yang juga diliburkan sementara aktivitas timnya pasca PSSI menunda semua jadwal kompetisi. Kami manfaatkan waktu ini untuk menunggu dan mencari realisasi anggaran untuk persiapan tim jika kompetisi suatu saat diputar lagi oleh PSSI,’’ ujar Wakil Manajer Persem, Sigit Eko Pramono. Namun Sigit tetap berpedoman jika Persem tetap siap mengikuti kompetisi. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan