Jumat, 14 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TengahDikukuhkan Guru Besar, Zainudin Amali: Kesadaran Masyarakat untuk Berolahraga Masih Rendah

    Dikukuhkan Guru Besar, Zainudin Amali: Kesadaran Masyarakat untuk Berolahraga Masih Rendah

    SEMARANG (WartaTransparansi.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dikukuhkan sebagai guru besar (Profesor) Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga (Sport Policy) pada Fakultas Keolahragaan UNNES di Gedung Auditorium Prof Wuryanto, Semarang, Sabtu (20/8/2022). Pengukuhan dilakukan oleh Rektor UNNES Prof, Dr, Fathur Rokhman, M.Hum.

    Dalam orasi ilmiah bertajuk “Kebijakan Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas Tahun 2045 (Penerapan Metode TARSIL dalam Kebijakan Pembangunan Olahraga Nasional),  Prof, Dr, Zainudin Amali SE, MSi, menyebutkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk berolahraga masih relatif rendah.

    Selain itu, pria kelahiran Gorontalo 16 Maret 1962 ini, menambahkan masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam melakukan olahraga secara rutin dan teratur, menyebabkan masih tingginya angka kematian masyarakat yang disebabkan oleh penyakit tidak menular dan obesitas.

    Tak hanya itu, Prof Zainudin Amali mengatakan di ruang lingkup olahraga pendidikan, di mana objeknya adalah anak-anak hingga dewasa muda yang merupakan usia emas, belum berkontribusi optimal dalam mensupport implementasi sistem pembinaan olahraga prestasi dan upaya meningkatkan kebugaran masyarakat.

    Menurutnya permasalahan ini sangat terkait dengan kurang gerak dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga secara rutin dan teratur.

    Ia menuturkan berbagai kelemahan dan permasalahan dalam sistem olahraga ini menjadi faktor penyebab olahraga di Indonesia mengalami stagnasi dalam beberapa dekade terakhir.

    Oleh sebab itu, Prof Zainudin Amali mendorong pembangunan olahraga agar menjadi bagian penting dari sistem pembangunan nasional. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Editor : Amin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan