Sabtu, 22 Juni 2024
30 C
Surabaya
More
    LifeStyleDokter Sebut Terpapar Polusi Udara Bisa Turunkan Produksi Kolagen

    Dokter Sebut Terpapar Polusi Udara Bisa Turunkan Produksi Kolagen

    Banyak paparan UVA, kolagen dapat turun, dapat timbul flek-flek, Tingkatkan resiko kanker kulit

    Jakarta (WartaTransparansi.com) – Dokter spesialis gizi dr. Yohan Samudra, Sp.GK menyebut terpapar polusi udara menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan produksi kolagen dalam tubuh seseorang.

    Tak hanya itu, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, kebiasaan bergadang dan paparan sinar matahari berlebihan juga menjadi penyebab menurunnya kolagen dalam tubuh.

    “Banyak paparan UVA, kolagen dapat turun, dapat timbul flek-flek, tingkatkan risiko kanker kulit,” kata Yohan dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Kamis.

    Dia menyarankan orang-orang menghindari terpapar sinar matahari terlalu lama, terpapar polusi udara seperti dari asap kendaraan, stres berlebihan, bergadang dan konsumsi makanan tak sehat.

    Kolagen merupakan protein struktural utama dalam jaringan ikat dan komponen matriks jaringan ekstraseluler, yang ada dalam pembentukan fibroblas, keratinosit, melanosit, dan sel khusus sistem kekebalan kulit di tubuh manusia.

    Aksi ganda kolagen pada kulit yakni menyediakan komponen building blocks untuk kulit (dan elastin), serta mengikat reseptor di fibroblas yang terletak lapisan dermal untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat.

    Namun, kemampuan tubuh manusia memproduksi kolagen menurun dratis seiring usia dan beberapa faktor eksternal dari gaya hidup, seperti merokok, kurang tidur, kurang gizi, paparan sinar matahari, dan lainnya.

    Editor : Sabarudin

    Sumber : Antaranews

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan