Kamis, 13 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    EkbisBI Kediri Edarkan Uang Baru Rp 686 Miliar kepada Masyarakat

    BI Kediri Edarkan Uang Baru Rp 686 Miliar kepada Masyarakat

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) –Sejumlah masyarakat Kota Kediri, memadati peluncuran uang rupiah kertas baru emisi tahun 2022 atau bulan kemerdekaan yang dilakukan Bank Indonesia perwakilan Kediri, yang dilaksanakan di pasar Setono Betek Kota Kediri.

    “Bank Indonesia perwakilan Kediri, menyediakan sekitar 686 miliar pecahan uang baru. Dan nanti proses pendistribusian akan dilakukan bertahap di sejumlah tempat,” ucap, Kepala perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch Choirur Rofiq, Jumat (19/8/2022).

    Menurutnya, untuk pendistribusinya akan dilakukan secara bertahap oleh 5 bank koordinator ke seluruh cabang wilayah Kediri, Pacitan, Magetan, Blitar , Tulungagung, dan sekitarnya.

    “Hari ini penukaran kita sediakan di Pasar Setono betek. Ada juga di Pasar Ngronggo, dan Pasar Pahing. Nanti, selanjutnya di Nganjuk dan Ngawi,” jelasnya

    Lanjut Rofiq pecahan uang lama yang beredar saat ini masih berlaku, sepanjang belum ada pengumuman penarikan uang dari BI.

    Untuk penukaran uang baru juga disediakan melalui aplikasi. Caranya download aplikasi si Pintar. Satu orang penukar bisa mendapat 5 paket.

    Baca juga :  Kadin Surabaya: Implementasi Sertifikasi Halal Belum Maksimal

    “Satu paket nilainya Rp200 ribu yang ditukar dengan pecahan Rp100 ribu satu lembar Rp50 ribu satu lembar, Rp20 ribu satu lembar, Rp5 ribu dua lembar, Rp2 ribu empat lembar, dan Rp1000 dua lembar. Satu orang bisa tukar 5 paket ditukarkan di mobil kas keliling,”terangnya.

    Lebih lanjut Rofiq menambahkan, Animo masyarakat yang menukar uang baru di BI Cabang Kediri sangat besar. Oleh karena itu BI terpaksa melakukan pembatasan untuk penukaran pecahan uang baru. Sedangkan ketentuan pemesanan secara online dapat dilakukan mulai H-7 sebelum jadwal pelaksanaan.

    Pemesanan dilakukan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Penukaran dapat dilakukan selama kuota penukaran masih tersedia 100 kuota per lokasi.

    ” Tata cara pemesanan, membuka halaman PINTAR menggunakan HP/laptop yang terkoneksi dengan internet melalui alamat https://pintar.go.id/;
    Memilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling”; memilih Provinsi lokasi penukaran yang diinginkan; PINTAR akan menampilkan daftar lokasi, tanggal, dan waktu pelaksanaan kas keliling yang tersedia dan dapat dipilih; Memilih lokasi yang diinginkan selama kuota masih tersedia dengan memilih tombol “Pilih”,” ungkapnya.

    Baca juga :  Pj. Gubernur Adhy : Jatim Peringkat Tiga Penghasil Migas Nasional

    Untuk diketahui uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

    Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang. Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

    Baca juga :  Kadin Surabaya: Implementasi Sertifikasi Halal Belum Maksimal

    Untuk wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri, melakukan layanan penukaran kas keliling akan diselenggarakan pada jadwal berikut :

    Jumat, 19 Agustus 2022 di Pasar Setono Betek Kota Kediri (09.00 – 11.00 WIB);
    Senin, 22 Agustus 2022 di Alun-Alun Kabupaten Nganjuk (10.00 – 12.00 WIB);
    Selasa, 23 Agustus 2022 di Pasar Besar Kabupaten Ngawi (10.00 – 12.00 WIB);
    Rabu, 24 Agustus 2022 di Pasar Besar Kota Madiun (10.00 – 12.00 WIB);
    Kamis, 25 Agustus 2022 di Pasar Grosir Ngronggo Kota Kediri (10.00 – 12.00 WIB);
    Jumat, 26 Agustus 2022 di Pasar Pahing Kota Kediri (09.00 – 11.00 WIB). (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan