Rabu, 28 September 2022
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-61, Gubernur Khofifah Ajak Gelorakan Pengabdian Tanpa...

    Pimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-61, Gubernur Khofifah Ajak Gelorakan Pengabdian Tanpa Batas

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jatim mengajak segenap anggota pramuka Kwarda Jatim untuk terus memberikan pengabdian tanpa batas di segala bidang kehidupan.

    Hal ini menjadi penguat untuk membangun ketangguhan dan kekuatan bangsa.

    Pesan Gubernur Khofifah ini selaras dengan tema Hari Pramuka ke-61 yakni ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’.

    “Semangat pengabdian ini telah ditanamkan dalam pendidikan kepanduan  gerakan pramuka Indonesia. Saling menolong dalam semangat persaudaran tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Bagaimana pendidikan kepanduan pramuka bisa terus digerakkan dan disemaikan bahwa di dalam gerakan pramuka ada semangat kemanusiaan dan cinta alam yang ditanamkan luar biasa,” katanya saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-61 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (14/8).

    Baca juga :  LaNyalla Ingatkan Pemerintah soal Mafia Tanah dan Reforma Agraria

    Pengabdian tanpa batas ini telah ditunjukkan oleh para anggota Pramuka Kwarda Jatim. Dalam penanganan Covid-19 misalnya, Kwarda Gerakan Pramuka Jatim ikut menyukseskan vaksinasi di 38 kab/kota di Jatim. Secara aktif melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan tempat-tempat ibadah se-Jatim.

    “Tidak hanya itu Pramuka mendorong secara aktif dan berkelanjutan mewajibkan anggotanya untuk menjadi teladan sebagai duta pramuka protokol kesehatan covid-19, termasuk membagikan masker kepada masyarakat,” katanya.

    Tidak hanya dalam penanganan pandemi Covid-19, Pramuka Jatim juga aktif berperan serta di bidang kemanusiaan salah satunya saat bencana alam. Saat gempa bumi di Malang dan bencana Awan Panas Guguran Gunung Semeru beberapa waktu lalu, tidak hanya memberikan bantuan berupa sembako, pakaian dll tapi juga ikut membantu mengevakuasi warga dan mengevakuasi hewan ternak.

    Baca juga :  SMAN 2 Surabaya Gelar Konser Dewa 19 Featuring Ari Lasso + Virzha dan NOAH

    “Kwarda Pramuka Jatim juga terlibat aktif dalam memberikan bantuan bangunan hunian sementara untuk penyintas erupsi Gunung Semeru. Bahkan ikut serta dalam penanggulangan wabah penyakit kuku dan mulut hewan ternak,” katanya.

    Tidak hanya itu, para pramuka juga terlibat dalam menjaga pelestarian lingkungan melalui penghijauan, penanaman mangrove, membersihkan pesisir pantai, mendorong tercapainya program ketahanan pangan dan berbagai bakti pramuka lainnya.

    “Kepada seluruh anggota pramuka Jawa Timur, teruslah mengabdi dan siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kita lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kebaikan yang bernilai ibadah,” katanya.

    “Teruslah tingkatkan produktivitas pramuka, terus tingkatkan pengabdian pramuka, teruslah peduli terhadap sesama, teruslah jaga lingkungan hidup, terus bantulah mayarakat yang membutuhkan dan selalu hadirlah ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya. (min)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan