Minggu, 2 Oktober 2022
27 C
Surabaya
More
    OlahragaBeri Kado HUT RI Ke-77, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16

    Beri Kado HUT RI Ke-77, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16

    YOGYAKARTA (WartaTransparansi.com) – Kado indah diberikan Garuda Muda Asia Indonesia –julukan timnas U-16– untuk merayakan HUT RI-77 tahun ini dengan dengan meraih juara Piala AFF U-16 2022.

    Skuat asuhan Bima Sakti itu berhasil menang tipis 1-0 atas Vietnam U-16 dalam partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam. Ini merupakan trofi kedua bagi Timnas Indonesia U-16 di ajang yang setelah Piala AFF U-16 tahun 2018.

    Gol penentu kemenangan Timnas Indonesia U-16 lahir di injury time babak pertama, tepatnya menit ke-45+2. Itu bermula dari aksi bek kanan Rizdjar Subagja yang menyisir sisi sayap kanan hingga mendekati kotak penalti. Rizdjar lantas mengirim umpan silang pada Kafiatur Rizky di kotak penalti. Dengan kaki kirinya, pemain bernomor punggung 9 itu melepas tembakan melengkung dan kali ini gagal dibendung oleh Pham Dinh Hai.

    Baca juga :  Pecat Fakhri, Persela Tunjuk Asisten Pelatih Charis Yulianto

    Sontak saja, seluruh suporter di stadion bergemuruh menyambut gol itu. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan sementara Timnas Indonesia U-16 dengan skor 1-0.

    Seperti diketahui, terhitung sampai edisi tahun 2022 kali ini, Piala AFF U-16 telah digelar sebanyak 15 kali. Menjadi salah satu program football development di kawasan Asia Tenggara, tuan rumah yang ditunjuk pertama kali untuk menggelar Piala AFF U-16 adalah Indonesia dan Malaysia.

    Myanmar mengukirkan sejarah manis dengan menjadi juara di edisi pertama turnamen kelompok umur Asia Tenggara ini. Di partai final Piala AFF U-16 2002 tersebut, Myanmar mengkandaskan Laos dengan skor telak 4-1.

    Pada edisi perdana tersebut, Timnas Indonesia U-16 hanya mampu menempati peringkat ketiga. Skuat Garuda Remaja Timnas baru mampu mengukir catatan manis dengan menjadi juara Piala AFF U-16 pada tahun 2018. Dilatih oleh Fachri Husaini, Garuda Remaja secara dramatis mampu menang pada partai final AFF U-16 2018 melawan Thailand dengan lewat drama adu pinalti 4-3.

    Baca juga :  Menjamu Persipa, Gresik United Ambisi Raih Kemenangan Perdana

    Pada edisi 2022 kali ini, giliran skuat asuhan Bima Sakti ini mengukir sejarah manis juara Piala AFF U-16, mengikuti jejak para seniornya dahulu. Pada 2013 lalu, Indonesia sempat lolos ke final di Myanmar. Namun kalah dari Malaysia lewat adu tendangan penalti 3-2.

    Usai pertandingan, pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti mengucap syukur atas sukses yang dialami timnya. Hanya saja, dia meminta pemain dan ofisial tidak bereforia berlebihan. Karena mereka akan menghadapi tantangan lebih besar lagi yakni menghadapi kualifikasi Piala Asia  U17 mendatang. “Memang, kita tidak perlu merayakan berlebihan. Justru saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan pelatih di klub masing-masing pemain hingga membawa anak-anak timnas seperti ini,”kilahnya. (sr)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan