Minggu, 2 Oktober 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaSemarak Pesta Rakyat dan Lomba Perahu Layar di THP Kenjeran
    * Ada Nobar Film Koesno di Balai Pemuda

    Semarak Pesta Rakyat dan Lomba Perahu Layar di THP Kenjeran

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Eri Cahyadi mengajak masyarakat untuk datang menyemarakkan pesta rakyat sekaligus menyaksikan Lomba Perahu Layar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu (13/8/2022).

    Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya tersebut, menjadi salah satu rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kota Pahlawan.

    “Tanggal 13 Agustus 2022, ada lomba perahu layar piala wali kota. Sekaligus di THP Kenjeran, ada lomba panjat pinang, gebuk bantal,” kata Eri di Balai Kota Surabaya Rabu (10/8/2022).

    Untuk itu, ia mengundang seluruh masyarakat untuk hadir menyemarakkan lomba di THP Kenjeran. Warga dapat hadir di sana dengan mengajak sanak keluarga dan bersifat gratis. Baginya, kegiatan ini merupakan pesta rakyat Surabaya dalam menyambut Kemerdekaan Indonesia.

    “Kami mengundang seluruh warga Surabaya untuk datang. Saya berharap banyak warga Surabaya yang hadir di sana (THP Kenjeran), karena itu adalah final yang dilakukan PD (Perangkat Daerah), Forkopimda sekaligus diadakan Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota,” ujarnya. terangnya.

    Ia berharap, dengan lomba perahu layar tersebut, semangat gotong-royong dan kebersamaan di Kota Pahlawan dapat terus terjaga. Baginya, semangat Kemerdekaan di Surabaya harus terus membara dan tidak boleh pudar.

    “Ayo warga Surabaya datang ke Kenjeran, kita rayakan Kemerdekaan ini bersama. Karena perayaan kemerdekaan sebenarnya semangatnya yang kita ambil. Semangat gotong-royong, semangat kebersamaan ini tidak boleh pudar dan harus tetap terjaga,” tuturnya.

    Baca juga :  2.3Juta Anak Jatim Telah Imunisasi MR

    Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menyatakan, Lomba Perahu Layar Piala Wali Kota Surabaya bakal diikuti sekitar 50 peserta dari nelayan sekitar.

    “Lomba Perahu Layar di Pantai Kenjeran diikuti para nelayan. Kurang lebih ada sekitar 50 perahu yang akan bergabung,” kata Wiwiek.

    Menurutnya, lomba perahu layar tersebut, juga menjadi bagian dari upaya Pemkot Surabaya dalam menguatkan keberadaan para nelayan. Dengan demikian, selain aktivitas mencari ikan, para nelayan juga terlibat aktif menggerakkan sektor pariwisata di Kota Surabaya.

    “Jadi ini kita lihatnya dari sisi pariwisata. Sehingga ketika dia tidak melakukan aktivitas nelayannya, dia juga bisa terlibat dalam kegiatan pariwisata melalui kegiatan festival Lomba Perahu Layar,” ujarnya.

    Menariknya, para peserta lomba perahu layar, masih menggunakan jenis perahu-perahu tradisional. Para peserta ini akan menghias perahu dengan berbagai aksesoris menarik dan unik dengan dominan warna merah putih.

    “Jadi yang menarik itu peserta menggunakan perahu-perahu masih tradisional dan itu dihias dengan layar-layar. Kebetulan berkaitan dengan kemerdekaan, maka dominan warna merah putih yang akan menjadi hiasan-hiasan aksesorisnya,” ungkapnya.

    Baca juga :  SMAN 2 Surabaya Gelar Konser Dewa 19 Featuring Ari Lasso + Virzha dan NOAH

    Ia menyatakan, bahwa lomba tersebut juga menjadi bagian dari upaya Pemkot Surabaya dalam memantik daya tarik wisata. Sehingga hal ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan untuk datang.

    “Itu menjadi salah satu bagian yang kita jual sebagai daya tarik wisata. Jadi kategorinya banyak, ada kecepatan perahu menuju finish, hingga kemampuan membuat penampilan dari sisi seni hias perahu,” imbuhnya.

    Di samping perahu layar, Wiwiek menyebut, di waktu dan tempat yang sama pula Pemkot Surabaya juga mengadakan sejumlah lomba lain. Di antaranya, Lomba Estafet Tradisional, Lomba Gobak Sodor Putri, Lomba Gebuk Bantal, Lomba Tarik Tambang, dan Lomba Panjat Pinang.

    “Lokasinya juga di THP Kenjeran, ada lomba gebuk bantal, panjat pinang dan sebagainya. Lomba ini diikuti antar PD di lingkungan pemkot,” katanya.

    Nobar Film Koesno 

    Sebelumnya, Wali Kota Eri juga mengajak seluruh masyarakat Kota Pahlawan untuk berpartisipasi dan menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Sebab, ada begitu banyak kegiatan yang digelar mulai 9 – 25 Agustus 2022.

    “Ada dua kategori perlombaan, pertama untuk kalangan internal OPD atau seluruh instansi di lingkungan Pemkot Surabaya. Pada 9 – 15 Agustus 2022 digelar Lomba Bola Voli Campuran di Gelora Pancasila, dan 10 – 12 Agustus 2022 digelar Lomba Tenis Meja di Lantai 3 Ruangan Serbaguna,” kata Wiwiek.

    Baca juga :  PD Pasar Surya dan RPH Diminta Berkolaborasi

    Selanjutnya, pada 12 – 13 Agustus 2022 dilaksanakan lomba Hadang Putri, Panjat Pinang dengan tersedia 1 pohon, Estafet Tradisional, dan Gebuk Bantal di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Selatan, Jalan Pantai Kenjeran Kota Surabaya.

    Di lomba Panjat Panjat Pinang dan Gebuk Bantal, sebut Wiwiek, Wali Kota Eri Cahyadi akan ikut bertanding melawan Forkompinda Kota Surabaya. “Masyarakat bisa ikut meramaikan. Apalagi, pak Wali Kota juga akan mengikuti kegiatan tersebut,” ujarnya.

    Tak hanya itu, pada 14 Agustus 2022, Pemkot Surabaya akan Melaunching Lomba Film pukul 10.00 WIB di Komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya Kota Surabaya. Kemudian, pada 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB juga akan digelar nonton film bareng (nobar) Film Koesno bersama Wali Kota Surabaya.

    “Masyarakat Surabaya akan menyaksikan film Koesno yang berkisah tentang perjalanan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) saat menempuh pendidikan di Kota Surabaya,” katanya.

    Lebih lanjut, Wiwiek mengungkapkan bahwa kegiatan nobar Film Koesno bersama Wali Kota Eri akan sangat dinantikan oleh masyarakat Kota Surabaya. Karena, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menjadi pemeran tokoh Bung Karno sewaktu dewasa.

    “Ditanggal yang sama, yakni 15 Agustus 2022 juga akan digelar kembali fashion show di Komplek Balai Pemuda dengan tema busana Perjuangan,” ungkapnya.

    Terakhir, pada 24 Agustus 2022 akan digelar launching Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Kota Surabaya. (wt)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan