Senin, 8 Agustus 2022
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGerakan Bagi 77 Ribu Bendera Merah Putih Untuk Tingkatkan Nasionalisme

    Gerakan Bagi 77 Ribu Bendera Merah Putih Untuk Tingkatkan Nasionalisme

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Mulai hari ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan ribuan bendera merah putih secara gratis. Secara simbolis, penyerahan bendera berlangsung di ruang Bina Loka Kantor Pemprov Jawa Timur di Surabaya, Selasa (2/8/2022)

    Mereka yang memerima bendera gratis adalah yang sudah mendaftar secara online.

    “Gerakan membagikan 77ribu bendera ini tidak sekedar untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. Lebih dari itu, gerakan ini merupakan upaya untuk memupuk kecintaan terhadap Merah Putih dan NKRI,” tutur Gubernur perempuam pertama di Jawa Timur.

    Gerakan ini sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan Menteri Sekretaris Negara RI Nomor. B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 Tanggal 12 Juli 2022 bahwa selama 1 bulan penuh (1-31 Agustus 2022) seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera merah putih mulai matahari terbit hingga matahari tenggelam.

    Baca juga :  Gelar BIAN di Surabaya Sasar 178.876 Anak, Masih Ada Orang Tua Khawatir

    Untuk meneruskan SE dari Menteri Sekretariat Negara, Gubernur Khofifah secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada lima perwakilan masyarakat dari berbagai latar belakang.

    Menurutnya, gerakan pembagian bendera di bulan kemerdekaan akan menjadi bagian penting untuk membangun sinergitas bagi seluruh masyarakat. Hal itu bisa dirasakan, bagaimana animo masyarakat mengambil bendera merah putih begitu antusias. “Saya rasa gerakan untuk mengibarkan bendera selama Agustus diharapkan mendorong penguatan nasionalisme kita,” tuturnya.

    “Kecintaan kita terhadap Indonesia bisa bertambah bisa berkurang. Kecintaan kita terhadap merah putih juga bisa bertambah dan berkurang. Namun, berbagai dinamika dan disrupsi memungkinkan ada penguatan untuk tetap mencintai Indonesia dalam membangun patriotisme dan heroisme begitu juga sebaliknya,” ujar Khofifah.

    Baca juga :  Kelurahan Karangpilang Wakil Surabaya dalam BBGRM Tingkat Jatim

    Hal itu bisa kita bangun dari apa yang kita punya dan apa yang kita lakukan. Sekecil apapun tapi itu bisa memberikan benih-benih kebaikan bagi kehidupan kemanusiaan di negeri ini, maka sinergi akan menjadikan bangsa kita menjadi kuat,’ sambung dia.

    Oleh karena itu bulan agustus momentum yang sangat strategis bagi masyarakat bagaimana membangun sebuah bangsa menjadi tempat berteduh, hidup dan membangun persaudaraan dan kesatuan di negeri ini. “Jadi harapan kita semua dengan hadirnya beberapa elemen strategis saat ini, terus menerus dapat membangun penguatan demi penguatan, sinergi dan kolaborasi,” imbuhnya.

    Khofifah menambahkan, gerakan pembagian bendera merah putih merupakan itikad baik sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme bagi bangsa Indonesia. Khofifah mencontohkan peran dari masing-masing profesi.

    Baca juga :  Gubernur Lepas Kontingen Pramuka Jatim ke Jamnas XI Cibubur

    TNI/POLRI melakukan penguatan pertahanan dan pengamanan, para petani menyiapkan logistik agar pangan kita aman, para guru mendidik anak, tokoh agama melakukan pembinaan kepada umat dan media menyampaikan pesan-pesan kehidupan kebaikan dan perdamaian. Maka, lanjutnya, sinergitas diantara seluruh masyarakat akan menjadi bagian penting bagaimana membuktikan cinta terhadap Indonesia dan cinta terhadap merah putih.

    “Bagaimana kita tidak sekadar mengibarkan bendera merah putih, melainkan semangat merah putih selalu ada di hati, pikiran dan di dalam kehidupan kita,” tegasnya.
    (*)

    Reporter : Samuel Ruung

    Editor: Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan