Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    InternasionalEmilda, Siswa MAN 2 Kota Malang Raih Perak 54th IChO China

    Emilda, Siswa MAN 2 Kota Malang Raih Perak 54th IChO China

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang makin akrab dengan prestasi internasional. Para siswanya secara bergantian meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

    Terbaru, prestasi itu diraih Emilda Puteri Aulia. Siswa MAN 2 Kota Malang ini berhasil meraih medali perak ajang 54th International Chemistry Olympiad (IChO) 2022 yang berlangsung secara online dan dipusatkan di Tianjin, China.

    “Alhamdulillah, salah satu siswa MAN 2 Kota Malang berhasil memperoleh medali perak dalam ajang 54th International Chemistry Olympiad (IChO) 2022 untuk pelajar SMA sederajat,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang Husnan.

    Husnan menjelaskan bahwa IChO 2022 berlangsung sepekan, 10 – 18 Juli 2022, secara online. Ajang ini diikuti para siswa SMA/MA/sederajat dari berbagai dunia.

    “Hanya 4 siswa yang dipilih mewakili Indonesia dari 30 peraih medali pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Mereka terpilih melalui proses seleksi ketat. Salah satunya adalah Emilda, siswa MAN 2 Kota Malang,” jelasnya.

    Ada tiga tahapan pelatihan nasional bidang kimia yang harus dijalani calon peserta dalam proses seleksi. Pada tahap pertama, dari 30 siswa yang menjadi peserta seleksi, dipilih 18 anak. Pada tahap kedua, seleksi memilih empat siswa terbaik. Tahap ketiga, empat siswa terpilih dipersiapkan untuk berlomba di ajang internasional.

    “Alhamdulillah, dalam kompetisi ini, tim Indonesia berhasil mengumpulkan 4 medali perak,” lanjutnya.

    Prestasi internasional ini mendapat apresiasi dari Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Isom Yusqi. Menurutnya, prestasi demi prestasi yang diraih semakin memantapkan posisi madrasah sebagai lembaga pendidikan pilihan orang tua.

    “MAN 2 Kota Malang adalah salah satu contoh terbaik dari madrasah-madrasah berkualitas di Indonesia. Kini, madrasah semakin kompetitif dan pilihan orang tua untuk memasukkan anaknya ke madrasah juga semakin banyak,” jelasnya kepada media ini, Kamis

    “Ini salah satu bentuk kehadiran dan keberhasilan negara menyiapkan madrasah berkualitas sebagai tempat mencerdaskan anak bangsa,” lanjutnya.

    Secara khusus, Isom mengapresiasi capaian Emilda dan berharap prestasinya bisa mengapresiasi siswa madrasah lainnya untuk mengukir prestasi di berbagai bidang yang ditekuni dan disukainya. (*)

    Reporter : Syarifuddin

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan