Sabtu, 20 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriMinim Sinyal, Pemkab Kediri Rencanakan Bangun BTS di Desa Kalipang

    Minim Sinyal, Pemkab Kediri Rencanakan Bangun BTS di Desa Kalipang

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri tengah merencanakan pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) di Desa Kalipang, Kecamatan Grogol yang minim sinyal.

    Minimnya sinyal ini dikeluhkan salah satu warga bernama Kamid saat Jumat Ngopi, di Kantor Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jumat (8/7/2022).

    Menurut Kamid, sinyal di desa tersebut sangat minim. Pihaknya menuturkan sinyal ini sangat krusial karena mayoritas warga membutuhkan untuk sekolah online dan komunikasi bencana.

    “Desa Kalipang potensi bencana sangat tinggi, sehingga membutuhkan sinyal untuk berkomunikasi dengan instansi maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata Kamid

    Dirinya juga menambahkan, bahkan di Desa tersebut terdapat 4 dusun bagian atas yang sama sekali tidak mendapatkan sinyal.

    Baca juga :  Bupati Kediri Pastikan Konser Iromo Tresno Denny Caknan & Happy Asmara Berjalan Lancar

    Menindaklanjuti usulan tersebut, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menginstruksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk cek lokasi.

    “Apakah kita (Pemkab Kediri) perlu memasang repeater atau tower mengingat Desa Kalipang ini berdekatan dengan bandara, dan mempunyai akses wisata Air Terjun Wisata. Saya minta Dinas Kominfo untuk cek lokasi,” paparnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Sri Ilham Wahyu Subekti mengungkapnya pihaknya dalam waktu dekat akan segera melakukan pengecekan lokasi untuk menentukan langkah strategis untuk mengatasi persoalan minimnya sinyal tersebut.

    “Setelah kita survei dan perijinan sudah terpenuhi, kita utamakan untuk bangun tower,” tuturnya.

    Baca juga :  Lansia di Kabupaten Kediri Ditemukan Tewas Dalam Sumur

    Lanjut Ilham, mengatakan, jika medan di Desa Kalipang ini dirasa tidak begitu berat maka akan sinyal akan langsung (dihubungkan) melalui BTS yang dimiliki salah satu provider.

    Karena menurutnya di daerah seperti Desa Kalipang maupun beberapa daerah pegunungan lain seperti Kecamatan Mojo, maka perlu adanya BTS.

    “Seperti di Mojo, banyak (medan) cekung sehingga memerlukan banyak tower,” pungkasnya.(adv/kominfo/abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan