Senin, 8 Agustus 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaRevitalisasi PMR, PMI dan Kwarda Pramuka Jatim Kolaborasi

    Revitalisasi PMR, PMI dan Kwarda Pramuka Jatim Kolaborasi

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – PMI Provinsi dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur melakukan revitalisasi Palang Merah Remaja (PMR) lebih luas dan menjangkau keseluruh generasi muda.

    Langkah itu diawali dengan melakkan rapat koordinasi dua lembaga itu di Kantor PMI Provinsi Jalan Karangmenjangan 22 Surabaya, Kamis (7/7/2022).

    Hadir dalam pertemuan Ketua PMI Jawa Timur H Imam Utomo S dan Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM. Arum Sabil, bersama stafnya masing-masing.

    Imam Utomo usai pertemuan menyatakan, pembentukan PMR yang berkelanjutan itu sesuai arahan Gubernur Jawa Timur Bu Khofifah Indar Parawansa yang disamapikan pada saat pelantikan pengurus tahun lalu.

    Gubernur menghendaki agar dilakukan revitalisasi PMR. Setidaknya tiap sekolah ada 20 sampai 30 PMR. Ini supaya pembinaan bisa berkelanjutan dan relawan PMI terus ditingkatkan kapasitasnya melalui pelatihan berjenjang.

    Baca juga :  Produser Film ‘Karena Cinta Bukan Bayangan’ Pilih Surabaya sebagai Lokasi Syuting

    Revitalisasi PMR, PMI dan Kwarda Pramuka Jatim Kolaborasi

    Dijelaskan oleh Imam Utomo, mantan Gubernur Jawa Timur dua periode, MoU tersebut rencananya dilaksanakan bertepatan hari Pramuka 14 Agustus 2022 dan pencananganha bertepatan HUT PMI pada tanggal 19 September 2022 di Jember.

    Ketua Kwarda Pramuka HM.Arum Sabil, menambahkan sinergi antara PMI dengan Pramuka memiliki kesamaan. PMI memiliki binaan kekuatan di PMR, dengan leadership, support dan edukasi. Tiga hal ini juga kami terapkan pada adik – adik Pramuka. “Pramuka adalah ekstra kurikuler yang wajib diikuti dari sekolah,”tegasnya.

    Menurutnya, yang perlu dikonsolidasikan adalah ditingkat bawah yakni kabupaten/kota. Kegiatan kami di pramuka adalah gugus depan. Pada tahun 2013 kami pernah melakukan MoU dari PMI Pusat  dalam rangka pengembangan karakter generasi muda, pungkasnya. (min)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan