Jumat, 12 Agustus 2022
25.7 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriLantik Dewan Pengawas dan Direksi, Bupati Kediri Peringatkan untuk Tak ‘Ambil’ Uang...

    Lantik Dewan Pengawas dan Direksi, Bupati Kediri Peringatkan untuk Tak ‘Ambil’ Uang BUMD

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memperingatkan dewan pengawas dan direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kediri untuk tidak mengambil uang perusahaan untuk kepentingan pribadi.

    Hal ini disampaikan bupati yang kerap disapa Mas Dhito saat melantik serta mengangkat dewan pengawas dan direksi Perusahaan Daerah Pemerintah Kabuparen Kediri, Selasa (5/6/2022)

    Mas Dhito menegaskan pihaknya akan memberikan gaji yang terukur pada jajaran BUMD tersebut asalkan tidak ‘mengambil’ uang dari BUMD demi kepentingan pribadi.

    “Saya tidak masalah pendapatan bapak itu besar, tapi jangan pernah bapak ambil dari duit kas atau duit BUMD,” tegas Mas Dhito.

    Disamping itu, orang nomor satu di Bumi Panjalu ini menuturkan poin pertama dari BUMD adalah bagaimana caranya perusahaan daerah ini bisa memberikan penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Kediri.

    Baca juga :  Peringati 10 Muharram Polres Kediri Kota Gelar Doa Bersama dan Santunan

    Menurut Mas Dhito, peningkatan PAD melalui profit BUMD ini didapat melalui adanya prioritas usaha yang disusun masing-masing BUMD serta memiliki managerial yang baik.

    “Saya berharap dengan perbedaan sektor ini, bapak bisa memberikan prioritas, core bisnisnya apa. Dibanding banyak tapi enggak manageable, mending satu atau dua project tapi manageable,” urainya.

    Sebagaimana diketahui, Kabupaten Kediri memiliki dua BUMD. Yakni BUMD Perkebunan Margomulyo serta BUMD Canda Bhirawa.

    Mas Dhito kembali menjelaskan pihaknya akan terus melakukan evaluasi kepada dua BUMD tersebut secara berkala untuk mengetahui sejauh mana proyeksi yang telah dilakukan.

    “Saya minta nanti ada evaluasi. Apa yang dilakukan, inovasi hingga capaian,” ungkapnya.

    Untuk diketahui, nama-nama yang menjadi jajaran baru di dua BUMD tersebut antara lain Nugroho Hery Prastowo sebagai Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo, Tri Antono Direktur Utama  Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo, Hans Sidharta sebagai Direktur Utama Perusahaan Daerah Canda Bhirawa, serta Suhandiyono sebagai Direktur Perusahaan Daerah Canda Bhirawa Kabupaten Kediri. (adv/kominfo/abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan