Jumat, 12 Agustus 2022
25.7 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKegiatan Pemilu Dimulai 18 Bulan Sebelum pemungutan Suara

    Kegiatan Pemilu Dimulai 18 Bulan Sebelum pemungutan Suara

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengagendakan tahapan Pemilu tahun 2024 dimulai pada 14 Juni 2022 sekaligus peluncuran resmi dimulainya tahapan Pemilu. Tahapan pemilu digelar selama 20 bulan sebelum hari pemungutan suara yang diputuskan jatuh tanggal 14 Februari 2024.

    KPU memulai acara seremoni peluncuran Pemilu Serentak 2024 di Kantor KPU RI yang diikuti via zoom dari penjuru tanah air diikuti Provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Indonesia.

    Salah satunya dilaksanakan oleh KPU Kota Kediri pada Selasa (14/6) malam.
    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, jajaran KPU Kota Kediri, Kepala Kesbangpol Bagus Hermawan Apriyanto, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah, dan perwakilan partai politik.

    Sebagai mana diketahui, pada 2024 mendatang akan menjadi tahun politik yang sangat ramai. Tidak hanya pemilu, pemilihan presiden dan kepala daerah serentak juga akan dilakukan di tahun yang sama. Sistem pemilu di Indonesia menganut sistem proporsional terbuka, yaitu dimana rakyat diberikan pilihan kandidat calon mereka secara langsung.

    Untuk itu KPU Kota Kediri, berkomitmen penuh untuk menjalankan amanah sesuai mandat Konstitusi, dan Undang-undang Republik Indonesia. Agar proses pesta demokrasi rakyat Indonesia bisa berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Atau yang kita kenal sebagai “Luber dan Jurdil”.

    Baca juga :  Tabrak Truk Parkir, Mahasiswa Kediri Nyungsep Lalu Meninggal 

    Berikut wawancara seputar dimulainya tahapan Pemilu Serentak 2024 oleh koran transparansi bersama Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi

    WT : Bagaimana seputar persiapan tahapan Pemilu Serentak 2024 oleh KPU Kota Kediri ?

    Pusporini Endah Palupi : Tahapan penyelenggaraan pemilu paling lambat dilaksanakan 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

    WT : Apa yang menjadi pedoman atau dasar tahapan penyelenggaraan pemilu 2024

    Pusporini Endah Palupi : Ini berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022, pelaksanaan Pemilu serentak ditetapkan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak dijadwalkan 27 November 2024.

    WT : Sejauh mana kesiapan jajaran KPU Kota Kediri dalam tahapan Pemilu Serentak 2024 ?

    Pusporini Endah Palupi : Secara umum Kami baik di Komisioner dan Sekretariat sangat siap, bahkan sejak tahun 2020 kami telah mengadakan sinau bareng terkait regulasi pemilu. Disekretariat juga telah ditunjang aplikasi yang akan digunakan untuk pemilu serentak 2024. Sehingga kita tidak kaget lagi bila seputar persiapan dan tahapan yang harus dilakukan.

    Baca juga :  Pameran Keris di Kota Kediri Edukasi Masyarakat Dalam Pelestarian Budaya

    WT : Bagaimana seputar wacana penataan dapil dan penambaham jumlah kursi anggota dewan di Kota Kediri pada tahun 2024 mendatang ?

    Pusporini Endah Palupi : Kalau penyusunan atau penataan dapil dan penambaham jumlah kursi anggota dewan masuk dalam tahapan pada Oktober 2022. Tapi kita masih menunggu data Dak2 dari Ditjen Kependudukan RI pada Juni 2022 sebagai pedoman jumlah penduduk pada pemilu serentak 2024 mendatang.

    WT : Berapa total saat ini warga Kota Kediri sesuai yang dimiliki oleh KPU Kota Kediri ?

    Pusporini Endah Palupi : Berdasarkan data dari Dispendukcapil Kota Kediri telah melaporkan jumlah penduduk saat ini 292.597 orang. Kemudian bilamana ada perubahan data akan disampaikan kembali pada Agustus 2022 secara otomatis kita akan melakukan uji publik dapil terutama di Kecamatan Mojoroto.

    WT : Berasal dari mana anggaran tahapan dan pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang yang akan dikelola oleh KPU Kota Kediri ?

    Pusporini Endah Palupi : Jadi UU pemilu 2017 salah satu pasal didalam penyelenggaraan pemilu Pemerintah Daerah (Pemda) wajib memfasilitasi, kita juga sudah berkoordinasi dengan pemda dimulai sejak 2021. Karena anggaran pemilu berasal dari APBN tetapi untuk fasilitasi juga diberikan oleh Pemkot Kediri melalui Kesbangpol berupa dana hibah.

    Baca juga :  Bupati Kediri Berikan Pelatihan Penguatan SDM BUMDes

    WT : Apa program terdekat dalam tahapan dan pelaksanaan pemilu serentak 2024 ?

    Pusporini Endah Palupi : Untuk kegiatan paling awal ini berhubungan dengan peserta pemilu. Pendaftaran parpol peserta Pemilu ditetapkan paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara atau 29 Juli 2022-13 Desember 2022.

    WT : Berapa jumlah total partai politik (Parpol) yang telah terdaftar saat ini di KPU Kota Kediri ?

    Pusporini Endah Palupi : Untuk jumlah saat ini yang telah terdaftar di KPU Kota Kediri ada 16 Parpol peserta pemilu 2019 lalu.

    WT : Apakah harapan besar anda terhadap jajaran KPU Kota Kediri dan masyarakat dalam tahapan dan pelaksanaan pemilu serentak 2024 ?

    Pusporini Endah Palupi : Mohon dukungan terkait tahapan pemilu. Mulai pra pemilu, penyelenggaraan pemilu, hingga pasca pemilu. Jadi untuk jajaran KPU yang terpenting saat ini kita harus solid dulu. Insya Allah bila itu dilakukan oleh komisioner dan sekretariatan, sesulit apapun hal yang dihadapi bila kita kompak dan solid akan berjalan terasa ringan. Dan bagi masyarakat meskipun KPU penyelenggara pemilu ada Bawaslu dan DKPP juga kalau tidak ada dukungan dari elemen masyarakat maka penyelenggaraan pemilu dikatakan tidak berhasil. (Abi).

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan