Selasa, 16 Agustus 2022
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriSatlantas Polres Kediri Kota Operasionalkan Mobil Incar

    Satlantas Polres Kediri Kota Operasionalkan Mobil Incar

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Satlantas Polres Kediri Kota akan operasionalkan mobil Integrated Node Capture Attitude Record atau INCAR.
    Sebagai upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) kondusif di wilayah hukumnya.

    INCAR merupakan perangkat digital mobile berisikan kamera CCTV dan detektor pelanggaran yang kekinian dan disematkan di mobil patroli Satlantas Polres Kediri Kota. Pengendara yang melanggar lalu lintas dapat direkam dan diidentifikasi secara langsung oleh petugas melalui mobil Polantas yang sedang berpatroli.

    Pelanggaran lalu lintas itu meliputi melebihi kecepatan, tidak memakai helm, keluar garis marka, serta tidak memaki kelengkapan lainnya akan terjaring perangkat yang terpasang.

    Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP. Pandri Putra Simbolon, mengatakan, mobil INCAR akan mulai beroperasi pada 1 Juni 2022, dan Sejak Senin (23/05/2022) hingga akhir bulan ini Petugas Satlantas Polres Kediri Kota akan mensosialisasikan terkait keberadaan mobil INCAR ini kepada masyarakat hingga akhir Mei.

    Baca juga :  Pemuda LDII Tampil Juara 1 Turnamen Bulutangkis KNPI Kota Kediri

    “Mobil INCAR ini untuk mendeteksi pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan,” ucapnya, Rabu, (25/5/2022).

    Lebih lanjut mantan Kanit Sat PJR Ditlantas Polda Jatim ini mengatakan,bahwa, alat INCAR nantinya dibawa petugas saat berpatroli di lapangan yang berada di atas mobil patroli.

    “Ketika kamera tilang elektronik menemukan pelanggaran lalu lintas, alat ini akan menangkap gambar pelanggar, lalu data akan dikirimkan ke Back office INCAR yang berada di Kantor Satlantas Polres Kediri Kota untuk dilakukan verifikasi,”paparnya.

    Mobil patroli yang dilengkapi teknologi INCAR akan berpatroli mulai pagi hingga malam. Tak hanya mengawasi dan menindak pelanggar lalu lintas, patroli ini sekaligus melaksanakan patroli titik rawan kriminalitas,”urainya.

    Baca juga :  Berikut Ruas Penutupan Arus SLG saat Sinau Bareng Cak Nun

    Terakhir, dirinya menambahkan, Mobil INCAR akan menyasar kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas, seperti tidak memakai helm, berboncengan melebihi kapasitas, menerobos rambu lalu lintas.

    “Pelanggar yang terdeteksi melalui INCAR juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui surat yang dikirim melalui kantor pos. Dalam surat itu sudah ada sanksi denda sesuai pelanggarannya,” ungkapnya. (abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Penulis :

    Editor :

    Redaktur :

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan